Inilah Beberapa Alasan Menapa Harus Memuji Buah Hati

By | May 26, 2016

Berapa kali biasanya Sahabat Ummi menyanjung dan memuji sang buah hati? Jika ada beberapa diantara Sahabat Ummi yang merasa sungkan untuk memuji sang buah hati, maka ada beberapa dampak yang harus Ummi perhatikan dengan serius. Diantara dampaknya adalah:

1. Anak akan minder

2. Kurang termotivasi untuk berjuang dengan keras dan optimis

3. Mereka akan cenderung pasif

4. Mereka akan kehilangan sumber kepercayaan dirinya

5. Mereka akan lebih mudah putus asa

6. Mempengaruhi sikap anak berperilaku terhadap orang lain.

 

Baca juga: Pendidikan Anak: Jangan Memberi Label Negatif Atau Memuji Anak Berlebihan

 

Bagaimana solusi yang terbaik untuk mengatasi dampak yang telah penulis uraikan di atas? Jawabannya ada dalam beberapa point berikut:

1. Komitmen Ummi untuk terus konsisten memberikan pujian di saat mereka berprestasi

2. Hilangkan kebiasaan untuk mencemooh di saat mereka mengalami kegagalan

3. Sembuhkan mental negatif mereka dengan memberikan kepercayaan bahwa mereka mampu dan bisa berubah lebih baik lagi

Pada dasarnya, pujian itu mutlak diperlukan dalam membentuk karakter anak sekaligus juga pendorong belajar mereka. Selain itu, motivasi juga mutlak diperlukan untuk merangsang kecerdasan sosialnya. Dari kesadaran inilah, maka Ummi bisa dengan mudah membentuk kepribadian anak.

Kepribadian mengandung pengertian yang sangat rumit, karena sangat sulit bagi kita untuk merumuskan batasan-batasan tentang kepribadian secara tepat, jelas dan mudah dimengerti.

Meski pada dasarnya kepribadian seorang anak terus mengalami perkembangan dan perubahan. Tapi, menurut para pakar psikologi pendidikan, perubahan itu terlihat adanya pola-pola tertentu yang tetap. Semakin anak-anak itu berkembang menjadi dewasa, maka semakin tampak jelaslah polanya, semakin jelas pula karakternya yang stabil.

Dengan kata lain, pola pendidikan yang mengedepankan kemarahan sebagai bentuk nasehat, cemoohan untuk memaksa anak berprestasi, ataupun mendakwa mereka ketika mereka bersalah hanya akan melahirkan generasi yang seperti itu pula di kemudian hari. Karena itulah, Rasulullah memiliki perhatian yang mendalam terhadap peran serta kiprah para Ummi yang menjadi madrasah pertama bagi anak-anaknya. Hal ini menjadi penting ketika kemudian, kekuatan sebuah negara dimulai dari keluarga.

Dari sinilah, kelak Islam akan diusung oleh para pejuang yang cemerlang insya Allah.

Referensi: dari berbagai sumber

Foto ilustrasi: google

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *