Inilah 5 Hal yang Memengaruhi Besar Kecilnya Investasi

By | May 17, 2016

Sahabat Ummi, besar kecilnya investasi dan jenis investasi apa yang akan dipilih, dipengaruhi oleh beberapa hal, yaitu:

1. Tujuan investasi 

Tujuan investasi sangat erat kaitannya dengan model atau investasi yang kita pilih. Misalnya kita ingin berinvestasi untuk persiapan pensiun kita. Manakah investasi yang harus kita pilih. Tentunya, kita akan memilih investasi yang bersifat jangka panjang dan bukan jangka pendek. Begitu pula bila tujuan investasi kita adalah untuk mendapatkan keuntungan pada jangka menengah. Tentunya, kita harus memilih investasi yang bersifat jangka menengah juga. Setiap orang tentunya memiliki tujuan yang berbeda-beda.

 

Baca juga: Inilah 4 Alasan Mengapa Investasi Menjadi Sebuah Keharusan di Zaman Sekarang

 

2. Tingkat pendapatan

Tingkat pendapatan mempengaruhi jumlah dan jenis investasi. Seseorang yang memiliki pendapatan besar akan memiliki investasi yang berbeda baik dari segi jenis dan porsinya dibandingkan dengan orang yang memiliki pendapatan tidak terlalu besar.

3. Tingkat pendidikan

Sedikit banyak, tingkat pendidikan akan mempengaruhi jenis investasi walaupun sifatnya tidak mutlak. Semakin tinggi tingkat pendidikan seseorang biasanya juga semakin beragam pula investasi yang dipilih.

4. Usia

Usia sangat erat kaitannya dengan kebutuhan dan tentunya jenis serta jumlah investasi yang akan ditanamkan. Biasanya semakin tua usia seseorang, dia akan memilih investasi yang tidak berisiko.

5. Status

Wanita atau pria lajang, wanita atau pria yang sudah menikah, dan single parent, tentunya memilih investasi yang berbeda karena kebutuhan serta pendapatan mereka juga berbeda.

Referensi:

1. Ariefiansyah, Miyosi. 2011. Jago Investasi. Jakarta: Laskar Aksara.

Foto ilustrasi: google

Profil Penulis:

Miyosi Ariefiansyah adalah penulis yang berasal dari Kota Wisata Batu.

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *