Inilah 2 Hal Penting tentang Masalah Keuangan yang Harus Dipikirkan Calon Istri Sebelum Menikah

By | May 17, 2016

Sahabat Ummi, tak hanya calon suami yang harus memiliki persiapan, calon istri juga wajib memilikinya. Ibarat pesawat, suami adalah pilot, sedangkan istri adalah co pilotnya. Apa saja persiapan yang harus dimiliki istri sehubungan dengan masalah finansial?

1. Siap mental

Wanita adalah makhluk yang sangat mudah dipersuasi, meskipun tidak semua wanita seperti itu. Itu sebabnya, produk untuk wanita harganya jauh lebih mahal daripada produk untuk laki-laki. Sama halnya dengan menikah muda, sudah siapkah mental kita sebagai calon istri? Karena kita memilih untuk bersedia menikah muda, maka jangan cemen bila kehidupan rumah tangga kita tak seperti orang yang sudah menikah puluhan tahun dengan segala kenyamanannya.

 

Baca juga: Inilah 2 Hal Penting tentang Keuangan yang Harus Dipikirkan Calon Suami Sebelum Menikah

 

Koreksi diri sendiri, kita ini tipe wanita yang seperti apa, yang konsisten atau cepat panas? Bila memang menikah muda adalah tujuan hidup kita, maka sudah seharusnya bila kita menyiapkan mental. Siap ketika teman berkata bahwa hidup kita pas-pasan. Siap hati ketika melihat teman memiliki barang bagus, sedangkan kita belum mampu membelinya, siap saat orang-orang di sekitar kita memamerkan benda-benda mahal, dan kesiapan sejenis. Bila kita yakin, kehidupan tersebut tak akan berlangsung lama. Ibarat jalan, kita sedang melewati daerah bebatuan dan kering kerontang, percayalah bahwa sebentar lagi kita akan menemukan oase.

Yang ingin menikah muda, coba tanyakan lagi pada nurani, kita wanita seperti apa? Mari koreksi diri!

2. Siap berjuang

Kita, wanita yang memilih menikah muda, siapkah berjuang? Siapkah menjadi wanita perkasa bermental baja. Ingat dan pahamilah bahwa kehidupan pernikahan tak seperti di negeri dongeng yang sepanjang hari menyenangkan. Siapkah kita menjadi istri yang tidak akan mengeluh dan mengumbar aib di jejaring sosial ketika suami lembur, siapkah kita mengatur uang belanja yang jumlahnya ngepas, siapkah kita mendengar opini orang bernada negatif? Lagi-lagi, tanyakanlah pada hati nurani. Jujurlah pada diri sendiri.

Hal-hal yang disampaikan di sini tentu saja tidak untuk membuat semangat calon pasangan yang menikah muda surut. Bila niat lurus dan kuat, hal-hal seperti di atas justru akan menjadi tantangan dan menyenangkan. Begitu pun, sebaliknya.

Referensi:

1. Prastari, Aprilina dan Miyosi Ariefiansyah. 2013. Nikah Muda Nggak Bikin Mati Gaya. Jakarta: Bhuana Ilmu Populer.

Foto ilustrasi: google

Profil Penulis:

Miyosi Ariefiansyah adalah penulis yang lahir dan besar di Kota Wisata Batu dan kini merantau bersama keluarga kecilnya di Balikpapan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *