Flek Hitam Selama Hamil

0 14

Dok, sejak saya hamil timbul flek hitam di pipi saya. Usia anak saya sekarang sudah 3 tahun, tapi flek hitam di wajah saya tak juga hilang. Bagaimana menghilangkannya?

 

Yati, via SMS

 

Jawaban

 

Pada wanita hamil, terjadi perubahan hormon. Hormon progesteron berubah dengan sangat drastis karena tubuh membentuk plasenta bayi. Hal ini menimbulkan flek hitam, yang dalam dunia kedokteran disebut dengan cloasma gravidarum.

Cloasma sebenarnya bukanlah penyakit pemicu kanker atau pertanda penyakit serius. Tapi cloasma adalah keadaan di mana flek terjadi karena adanya penumpukan pigmen melanin di area tertentu. Misalnya di sekitar wajah, dada, perut, ketiak, dan lipatan perut. Ini sering terjadi pada ibu-ibu hamil.

Biasanya selama 6 sampai 18 bulan setelah melahirkan, flek ini akan memudar dengan sendiri. Sebab, hormon yang semula tidak normal berangsur menjadi normal kembali. Namun, bercak atau flek hitam pascamelahirkan ini tidak selamanya akibat hormon. Pemakaian alat KB yang mengandung progesteron, seperti suntik dan pil, pun bisa menyebabkan timbulnya flek.

Kalau flek tidak hilang selama 3 tahun, kemungkinan flek ini sudah menetap menjadi penyakit melasma (pigmentasi kulit yang berlebihan). Kalau sudah seperti itu tidak ada jalan lain, penderita harus berobat ke dokter spesialis kulit.

Apabila flek yang timbul pada wajah ternyata dalam sekali, tindakan yang biasa dilakukan adalah dengan laser. Tetapi sebaliknya, kalau flek yang muncul itu tidak terlalu dalam maka dokter biasanya menyarankan untuk memakai krim, peeling atau krim kimiawi. Perlu diingat, yang lebih tahu tindakan apa yang harus dilakukan adalah dokter spesialis kulit.

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, bila setelah melahirkan flek tetap terlihat, maka ini memang dipengaruhi oleh hormon, faktor keturunan, atau dampak dari pemakaian alat KB. Saya sarankan bagi mereka yang mempunyai kecenderungan untuk timbulnya flek, jangan sekali-kali memakai KB suntik, pil menyusui, atau susuk KB.

 

Untuk mengurangi flek bertambah gelap ketika hamil dapat diatasi dengan beberapa cara, antara lain:

1. banyak minum air putih.

2. perbanyak mengonsumsi buah-buahan dan sayuran yang kandungan vitamin C-nya tinggi. Vitamin C dapat membantu mengurangi pembentukan melanin.

3. usahakan jangan terkena sinar matahari dalam waktu yang lama.

4. gunakanlah pakaian yang tertutup.

5. bila hendak keluar rumah, jangan malas untuk mengoleskan krim pelindung matahari (sunblock) terlebih dahulu. 

 

loading...

Leave A Reply

Your email address will not be published.