Edukasi Bahaya Rokok,Warrior Jambi Undang 6 Superhero FCTC ke Sekolah Dasar

0 1,516

Jambi, 11 Mei 2018, Petualangan 365 Hari FCTC Warrior di 25 Kota telah memasuki kota ke 19. Kali ini giliran kota Jambi yang mendapat kepercayaan mementaskan wayang FCTC (Framework Convention On Tobacco Control).

Hal ini tidak disia – siakan oleh FCTC Warrior asal kota Jambi, Riawati Hastuti. Tidak mau kalah dengan warrior di 18 kota lainnya, Ria pun mementaskan wayang fctc bersama komunitas Raja Youth Center PKBI (Pusat Keluarga Berencana Indonesia) Jambi.

Pentas wayang ini dilakukan di depan murid-murid SDN 183/IV Kota Jambi. Di depan siswa SD tersebut Ria mementaskan wayang sekaligus melakukan edukasi tentang bahaya rokok.

Menurut Ria, pilihan untuk mengedukasi siswa SD mengingat kecenderungan usia mulai merokok bergeser ke kelompok usia 10-14 tahun yang dalam 20 tahun terakhir tren nya meningkat 2 kali lipat.

“Ini sangat memprihatinkan. Karena itu target edukasi kami pilih sedini mungkin yaitu adik-adik kami yang masih duduk di bangku SD,” papar Ria yang juga sebagai Pembaharu Muda kota Jambi.

Ria merasa sangat terbantu dengan kedatangan wayang fctc di kotanya. “Media wayang ini sangat fun, anak-anak bisa dengan mudah memahami materi edukasi tentang bahaya rokok tanpa perlu mengerutkan kening,” ujar Ria.

Yang menarik dari pentas wayang fctc, kata Ria, karena karakter wayang yang ditampilkan mewakili para superhero yang disukai anak-anak. Ada 6 superhero yang ditampilkan. Antara lain ada Smoke-free zone, pendekar KTR yang bertugas melindungi masyarakat dari asap rokok. Ada juga Cukai Zei, pendekar yang ingin menyelamatkan anak dari harga rokok yang murah. Serta ada Pictorial Healthy Warning yang bertugas menyihir kemasan rokok dengan gambar bahaya rokok.

Edukasi Bahaya Rokok,Warrior Jambi Undang 6 Superhero FCTC ke Sekolah Dasar

“Sebenarnya ke-6 superhero ini diadopsi dari pasal – pasal yang ada dalam FCTC, seperti peraturan tentang pelarangan iklan rokok yang diperankan oleh karakater TAPS Ban, atau peraturan harga rokok yang dihidupkan oleh karakter Cukai Zei,” kata Ria.

“Aku senang sekali karena adik-adik sangat antusias mengikuti kegiatan pentas wayang ini,” ujar pegiat PKBI Jambi ini.

Ia menambahkan, cerita yang terkandung dalam pementasan wayang FCTC Warrior bukan sekedar dongeng. Ria termasuk salah satu Pembaharu Muda yang ikut menyusun buku bertajuk “Ketika Invasi Iklan Rokok Tak Terbendung Lagi”. Buku ini berisi laporan hasil monitoring iklan rokok yang dilakukan oleh 15 Pembaharu Muda, yang menyajikan bagaimana iklan rokok begitu massive menyasar anak muda. Mulai dari tema iklan yang bernuansa anak muda, hingga lokasi iklan yang berada di tempat anak muda berkumpul, seperti Cafe, konser musik dan tempat berkumpul anak muda lainnya.

Ria menyatakan, langkah kecil edukasi bahaya merokok yang dilakukan para warrior perlu mendapat dukungan dari pemerintah, dalam bentuk adanya peraturan yang melarang iklan promosi dan Sponsor yang menyasar anak, dan kenaikan cukai rokok agar harga rokok mahal dan tidak terjangkau anak.

“Yang membahagiakan adalah peraturan tentang larangan iklan rokok sudah menjadi salah satu indikator kota layak anak, dan ini harus kita dukung,” tegas Ria.

“Semoga pemerintah kota Jambi bisa mewujudkan Jambi Kota Layak Anak dengan melarang iklan rokok di seluruh wilayah kota Jambi,” pungkasnya.

*Menuju Tanah Minang*
Setelah Jambi, Petualangan 365 Hari FCTC Warrior di 25 Kota akan berlanjut ke Kabupaten Mentawai dan Kota Padang. Di kedua kota tersebut, antusias anak muda sudah sangat tinggi. Mereka tak sabar menunggu kedatangan wayang fctc warrior.

Seperti apa petualangan nanti di Sumatera Barat?

Saksikan terus keseruannya di : www.FCTCuntukIndonesia.org

loading...

Leave A Reply

Your email address will not be published.