Cara Suami Meringankan Beban Istri

By | May 8, 2015

Sahabat Ummi, seiring dengan perkembangan zaman, perubahan sosial telah menggerakkan wanita untuk turut mengambil bagian di sektor pekerjaan di luar rumah. Pendidikan dan keterampilan yang dimiliki oleh kaum wanita perlu disampaikan agar memberikan manfaat kepada orang lain maupun kepada keluarga. Salah satu caranya adalah dengan bekerja di luar rumah. Beberapa hal yang dapat dilakukan suami untuk meringankan beban istri:

1.Suami memberi dukungan dan keyakinan agar istri bisa fokus dalam meningkatkan kesuksesan karirnya.

Dukungan dan kepercayaan dari suami ini bisa menjadi booster buat istri untuk terus berkarya lebih baik lagi. Biasanya istri yang seperti ini akan mempunyai energi luar biasa sehingga bisa melakukan semuanya dengan ringan. Istri biasanya akan lebih bersemangat agar tugasnya di rumah juga dapat dia selesaikan dengan baik.

2.Membantu mengurus pekerjaan rumah seperti menemani anak belajar atau bermain sementara ibunya menyiapkan makan atau beberes rumah. Membantu memasukkan cucian dan menjemurnya. Dan lain sebagainya.

3.Memahami kondisi istri

Istri sangat butuh untuk dipahami kondisinya. Suami hanya perlu menunjukkan bahwa dia sayang dan tau kondisi istri yang sedang lelah atau kurang baik mood-nya saja itu sudah cukup menghibur hati istrinya. Apalagi jika suami memberi lebih perhatian misalnya melegakan kepenatan istri dengan menyediakan segelas minum pun sudah cukup memadai.

4.Empati

Suami yang mempunyai empati tentunya akan memberi perhatian terhadap keadaan dan masalah istri. Suami yang seperti ini akan dengan mudah menawarkan diri untuk turut membantu meringankan beban istri dengan berusaha untuk turut menanggung kesusahan istri.

5.Melakukan/menyiapkan sendiri kebutuhan yang bisa dia kerjakan

Rasulullah SAW adalah contoh terbaik dalam hal ini. Seperti biasa kita ketahui Baginda menjahit baju atau memperbaiki sandalnya sendiri. Manusia teladan sepanjang zaman itu tidak pernah merasa malu mengerjakan pekerjaan-pekerjaan rumah tangga dan siaga dalam membantu meringankan tugas-tugas istrinya.

6.Melibatkan diri atau menawarkan diri. Untuk meringankan beban istri, suami yang baik tentu tidak akan duduk-duduk baca koran atau nonton TV sementara istri sedang berjibaku dengan urusan rumah. Ikut melibatkan diri menemaninya di dapur, membantunya memotong sayur dan atau menawarkan diri untuk membantu, atau sekedar menemaninya sambil ngobrol ngalor ngidul pun sudah cukup menjadi hiburan baginya.

Demikian beberapa hal yang dapat dilakukan suami untuk membantu meringankan beban istri. Akhlak yang baik dari suami itu bisa menjadi penuntun agar istri makin cinta, makin hormat dan makin menghargai hubungan mereka sehingga keluarga yang sakinah mawaddah warahmah pun dapat tercapai. Dan semoga kita semua bisa mengikuti jejak Rasulullah SAW menjadikan akhlak beliau sebagai panutan yang kita praktekkan dalam segala aspek kehidupan ini.

Wallahu’alam.

Semoga bermanfaat.

Foto ilustrasi: google

Profil Penulis:

Andi Sri Suriati  Amal, biasa dipanggil Inci, lahir di Bone, 2 April 1973. Sementara ini berdomisili di Kuala Lumpur, Malaysia. Buku solonya berjudul Role Juggling, Perempuan Sebagai Muslimah, Ibu dan Istri diterbitkan oleh Gramedia tahu 2013 Ibu empat anak ini dapat dihubungi di http://inci73.wordpress.com atau lewat facebook-nya (Andi Sri Suriati Amal). Dan kini bergabung di Komunitas Ummi Menulis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *