Cara Bikin Nugget Sendiri dengan Mudah dan Praktis

By | January 30, 2017

Sahabat Ummi, bikin nugget itu mudah. Kalau beli biasanya ada pengawetnya (walau tidak semua), that's why ada yang bisa tahan sampai berbulan-bulan bahkan bertahun-tahun. Selain itu, harga nugget juga mahal terutama yang bermerk.

Nah, kenapa tidak kita bikin sendiri. Siapa pun bisa yang penting mau.

Gimana sih caranya?

 

1. Bahan

Bahan nugget ya sesuai selera kita. Mau bikin nugget ayam, tempe, tahu, sayur, ikan, atau bahan yang lain, terserahh. Sesuai selera kita pokoknya.

2. Giling bahan nugget agar lembut. Kita bisa menggilingnya di tukang giling yang di pasar tradisional biasanya banyaakk atau akan lebih baik jika punya penggiling sendiri.

3. Bumbunya apa? Terserah kita aja pada dasarnya. Toh enggak ada yang ngelarang juga mau dibumbuin apa. Tapi biasanya sih merica dan bawang putih. Udah, sesederhana itu.

4. Campurkan bahan nugget yang sudah digiling dengan bumbu.

5. Cetak sesuai selera. Mau berbentuk kotak, bulat, huruf, atau yang lain? Terserah kita.

6. Setelah dibentuk, masukkan nugget ke dalam telor kemudian tepung roti. Biar nempel gitu maksudnya. Karena kalau langsung dilumuri tepung roti ya enggak bakal nempel.

7. Setelah berbentuk seperti nugget beneran, masukkan dalam kulkas (freezer). Diamkan semalaman.

8. Siap dimasak sesuai kebutuhan

Memang nugget buatan sendiri ini enggak terlalu tahan lama paling cuma beberapa hari. Tapi yang jelas kita udah tahu kualitasnya gimana, enggak pakai bahan pengawet. Kita pun bisa mengkombinasi sesuai seleraa. Dan yang pasti, jauh lebih hemat.

 

Penulis:

Miyosi Ariefiansyah alias @miyosimiyo istri, ibu, penulis, & pembelajar. Rumah mayanya di www.rumahmiyosi.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *