Beginilah Solusi Terbaik dalam Menyelesaikan Masalah Hidup

By | January 8, 2018

Seorang kawan pernah mengeluhkan kehidupan rumah tangganya pada saya. Dia bilang kalau hidupnya bahagia tapi terasa hampa. Mendengar itu, saya sedikit terkejut, bagaimana tidak? Jika saya melihatnya, dia hidup dalam kebahagiaan. Dia mendapatkan pekerjaan yang bagus, menikah dengan wanita yang diinginkannya, pendidikannya juga sudah tinggi, dan lain-lain. Tapi mendengar beberapa curahan hatinya itu, saya ikut prihatin. Masalah demi masalah pun dia utarakan.

Sahabat Ummi, sering kita mendengar berbagai keluh kesah, entah itu datang dari kerabat kita sendiri, tetangga dan teman-teman kita. Mereka mengeluhkan kehidupannya yang penuh dengan masalah yang beraneka macam. Tapi dari semua masalah itu, biasanya didominasi oleh satu faktor. Yaitu, jauh dari Allah.

Allah adalah sumber cahaya yang bisa memberikan petunjuk untuk hal apapun. Jika cahaya-Nya saja tidak kita miliki, maka kemana kita harus meminta petunjuk? Orang yang jauh dari Allah tentu akan terasa gelap hidupnya, tidak ada petunjuk yang didapatnya.

Misalnya saja, saat kita berada di ruangan gelap. Kita ingin keluar dari ruangan itu. Namun karena gelap, maka kita tidak bisa melihat dimana pintu itu berada, kita tidak tahu dimana letak sakelar lampu berada. Otomatis kita tidak bisa menghidupkan lampu yang bisa menerangi kita. Atau, saat Nabi Allah Yunus as yang sedang berada di dalam perut ikan, tentunya juga berada dalam kegelapan nyata. Ditambah lagi ikan itu masuk ke dalam lautan. Lautan itu pun gelap gulita. Maka, kepada siapa lagi kalau bukan kepada Allah beliau meminta pertolongan? Kita pun seperti itu, kalau kita berada dalam masalah, kita juga butuh pertolongan Allah, kita butuh cahaya-Nya. Sedangkan pertolongan dan cahaya-Nya akan datang jika kita menjadi manusia yang dekat dengan-Nya.

Baca juga: Terapi Al Quran, Jawaban dari Segala Permasalahan Hidup

Lalu hal apa saja yang bisa kita lakukan agar kita dekat dengan-Nya? Agar kita mendapatkan petunjuk/cahaya terhadap masalah kita supaya selesai?

Sebenarnya, ada banyak sekali perbuatan yang telah kita ketahui supaya bisa mendekatkan kita pada-Nya. Antara lain shalat, puasa, zakat, sadaqah, membaca Al Quran, menghindari harta yang haram dan melakukan amal jariyah lainnya.

Kita ambil contoh satu amal jariyah yaitu membaca Al Quran.

Al Quran itu hebat, firman Allah, diturunkan sebagai pedoman dan petunjuk bagi semua manusia. Segala masalah akan bisa selesai jika berpedoman pada Al Quran. Salah satu manfaat dari membiasakan membaca Al Quran adalah kita bisa mendapatkan ketenangan hati, kecerdasan, cahaya dari Allah, berlimpahnya rezeki, semakin dekat dengan Allah dan banyak lagi keutamaannya. Namun, kita masih saja ada rasa enggan untuk membacanya, masih bermalas-malasan membacanya. Padahal jika kita mau merutinkan setiap harinya, bahkan sampai mengajarkannya, maka Allah akan memberikan pahala yang berlipat-lipat. Sesuai hadits Rasulullah SAW.

“Barangsiapa membaca satu huruf dari kita Allah (Al Quran), dia mendapatkan satu kebajikan. Setiap kebajikan itu dibalas dengan sepuluh kali lipat. Aku tidak mengatakan alif lam mim satu huruf, tetapi alif satu huruf, lam satu huruf dan mim satu huruf”.(Hadis hasan sahih ini dituturkan oleh Al-Tirmidzi) 

Jadi, mungkin saja, orang yang hidupnya dirundung banyak masalah karena mereka juga jauh dari Al Quran bukan? Hidup yang jauh dari Al Quran terasa sesak dan tidak bahagia. Berbeda dengan sebuah keluarga yang di dalamnya ada bacaan Al Quran setiap harinya. Mereka pasti akan lebih bahagia dan terhindar dari banyak masalah.

Sahabat Ummi, mari kita berusaha mendekati Allah dengan cara melakukan amalan-amalan yang Allah suka agar hidup kian berkah, penuh dengan naungan cahaya-Nya dan terhindar dari masalah.

Foto ilustrasi: google

Profil Penulis:

Wahyu S., Wiraswasta, suka tulis-menulis

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *