Begini Solusi untuk Si Kecil yang Sedang Tumbuh Gigi

By | September 7, 2016

Sahabat Ummi pasti pernah mengalami si kecil gelisah rewel tanpa sebab yang jelas. Kalau malam tidur gak nyenyak, tiba-tiba bangun dan nangis. Mungkin itu tandanya si kecil sedang lelah atau bisa jadi sedang tumbuh gigi.

Tumbuh gigi adalah fase 'menyakitkan' bagi si kecil. Bukan hanya nyeri tapi juga demam. Terkadang si kecil juga menjadi serba-salah karena menahan sakit yang dirasakan. Bahkan si kecil bisa saja melempar barang-barang di sekitarnya untuk melampiaskan kekesalan karena sakit yang diderita.

Usia si kecil yang masih dini dan belum jelas untuk didengar pasti menambah bingung kita sebagai orang tua harus berbuat apa. Begini solusi untuk si kecil yang sedang tumbuh gigi.

1. Berikan “Sanmol”

Sanmol atau paracetamol adalah obat penurun panas tetapi juga bisa meredakan nyeri. Sahabat Ummi pasti sudah tahu, kalau si kecil tumbuh gigi pasti demam. Nah sanmol bisa meredakan demam dan nyeri saat tumbuh gigi. Saat malam sebelum tidur usahakan berikan sanmol agar si kecil bisa istirahat. Tapi jangan lupa baca aturan pakai pada kemasan ya.

 

Baca juga: Inilah Penyebab Mengapa Bayi Tidak Mau Menyusu

 

2. Berikan Es

Es bisa membantu menahan rasa nyeri pada gusi si kecil. Tapi pasti susah ya buat si kecil untuk 'ngemut' es. Nah ummi bisa praktikkan ini, sediakan gelas, air, madu dan es batu. Sediakan madu secukupnya pada gelas dan berikan es lalu tambahkan air. Aduk hingga rata. Madu bisa menurunkan demam si kecil juga lho Ummi, dan es madu bisa membantu si kecil untuk melupakan rasa nyeri pada gusi.

3. Makan puding

Nah yang ini pasti si kecil suka apalagi rasa buah yang manis dan segar. Tidak perlu repot untuk beli ke supermarket semua bisa di buat sendiri di rumah. 

Masak agar-agar dan jangan lupa tambahkan tepung maizena supaya agar-agar menjadi lembut. Jangan lupa masukkan ke lemari pendingin ya. Agar-agar kaya akan nutrisi dan vitamin. Ketika tumbuh gigi si kecil pasti susah makan. Dan puding bisa mengenyangkan perut si kecil. Selain itu puding juga bisa membantu meredakan nyeri pada gusi.

Semoga tips tadi bisa membantu mengatasi masalah pada saat si kecil tumbuh gigi. 

Foto ilustrasi: google

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *