Begini Cara Memperlakukan Pembantu Rumah Tangga dalam Islam

By | April 5, 2018

Sahabat Ummi memiliki asisten rumah tangga/pembantu rumah tangga yang membantu pekerjaan domestik di rumah? Ada beberapa orang yang memperlakukan pembantu rumah tangga seperti ‘budak’, diperas habis tenaganya, kecil upahnya, dan telat juga dibayarnya. Astaghfirullahal’adzim.

Tahukah bagaimana Rasulullah meminta kita bersikap terhadap pembantu rumah tangga yang kita miliki? Simak Hadits berikut ini:

عَنِ الْمَعْرُورِ بْنِ سُوَيْدٍ، قَالَ: رَأَيْتُ أَبَا ذَرٍّ وَعَلَيْهِ حُلَّةٌ، وَعَلَى غُلَامِهِ مِثْلُهَا، فَسَأَلْتُهُ عَنْ ذَلِكَ، قَالَ: فَذَكَرَ أَنَّهُ سَابَّ رَجُلًا عَلَى عَهْدِ رَسُولِ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، فَعَيَّرَهُ بِأُمِّهِ، قَالَ: فَأَتَى الرَّجُلُ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، فَذَكَرَ ذَلِكَ لَهُ، فَقَالَ النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: «إِنَّكَ امْرُؤٌ فِيكَ جَاهِلِيَّةٌ، إِخْوَانُكُمْ وَخَوَلُكُمْ، جَعَلَهُمُ اللهُ تَحْتَ أَيْدِيكُمْ، فَمَنْ كَانَ أَخُوهُ تَحْتَ يَدَيْهِ، فَلْيُطْعِمْهُ مِمَّا يَأْكُلُ، وَلْيُلْبِسْهُ مِمَّا يَلْبَسُ، وَلَا تُكَلِّفُوهُمْ مَا يَغْلِبُهُمْ، فَإِنْ كَلَّفْتُمُوهُمْ فَأَعِينُوهُمْ عَلَيْهِ»خ م

Dari Al Ma’rur bin Suwaid berkata: Aku melihat Abu Dzar memakai pakaian bagus dan pembantu (laki-laki) nya pun memakai yang sama. Aku bertanya tentang hal itu. Diceritakan bahwa Abu Dzar pernah mencaci seseorang di zaman Rasulullah shallallahu alaihi wasallam dan mencaci ibunya juga. Orang itu datang kepada Nabi shallallahu alaihi wasallam dan menceritakan hal itu. Nabi shallallahu alaihi wasallam berkata (kepada Abu Dzar): Sesungguhnya kamu adalah seseorang yang masih memiliki sifat jahiliyyah. Saudaramu yang Allah jadikan ada di bawah tanganmu. Barangsiapa yang saudaranya ada di bawah tangannya, maka berilah ia makan seperti ia makan. Berilah ia pakaian seperti ia berpakaian dan jangan membebani pekerjaan yang tidak sanggup ia lakukan. Jika kamu membebaninya, maka bantulah ia. (HR. Bukhari dan Muslim)

Begini Cara Memperlakukan Pembantu Rumah Tangga dalam Islam

Dari hadits di atas, kita bisa mengetahui beberapa poin penting dalam memperlakukan pembantu:

1. Memberi makan sebagaimana kita makan

Ada orang yang membedakan, untuk pembantu diberi makanan murah/sisa makan keluarganya. Sedangkan dirinya dan keluarganya bisa makan mewah. Islam justru mengajarkan untuk menjadikan pembantu sebagai bagian dari keluarga sendiri.

2. Memberi pakaian sebagaimana kita berpakaian

Jika pakaian yang dikenakannya buruk, maka berilah pakaian yang bagus sebagaimana kita berpakaian.

3. Tidak memberi pekerjaan yang membebani di luar batas kemampuannya

Jika ia hanya sanggup mengerjakan 8 jenis pekerjaan, maka jangan membebaninya dengan 10 pekerjaan. Ada baiknya terus berkomunikasi apakah ia mengalami kesulitan atau bagaimana, agar kita tahu benar batas kemampuannya.

4. Membantunya jika kesulitan dalam pekerjaannya

“Buat apa bayar pembantu kalau kita juga harus bantuin dia…”

Tidak demikian di dalam ajaran Islam, kita perlu juga membantu pembantu kita jika ia kesulitan dalam mengerjakan tugas-tugas yang kita berikan.

Demikianlah beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam memperlakukan ART/PRT sesuai ajaran Islam. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *