Beda Tilawah dengan Ruqyah

0 349

Sahabat Ummi, terkadang bagi orang awam masih ada yang menyamakan bahwa ruqyah sama saja dengan tilawah qur’an. Padahal sebenarnya sangat berbeda. Apakah Sahabat Ummi juga sulit membedakannya? Yuk kita cari tau apakah tilawah qur’an dan ruqyah itu sama?

Tilawah Qur’an adalah pembacaan ayat Al Qur’an dengan baik dan indah. Istilah tilawah ini cenderung ditunjukkan kepada ayat-ayat Al Qur’an karena memiliki makna mempercayai dan mengikuti apa yang dibaca, di mana hal ini dapat diaplikasikan kepada Al Qur’an sebagai kitab suci.

Dalam bahasa Arab, kata tilawah ini memiliki makna lebih dalam. Ada tilawah dari segi pelafalan dan segi makna. Dari segil pelafalan, tilawah berarti kegiatan membaca Al Qur’an dengan baik dan benar sesuai dengan kaidah dan aturan yang ada. Sedangkan tilawah segi makna berarti mengikuti atau taat pada ayat-ayat yang telah dibaca. Setelah dibaca dengan baik dan benar, kemudian dipahami maknanya dengan baik dan ditaati.

Beda Tilawah dengan Ruqyah

Bagaimana dengan pengertian Ruqyah?

Ruqyah menurut islam adalah doa doa dan bacaan bacaan ayat al Qur’an yang mengandung permintaan pertolongan kepada Allah untuk mencegah bala dan juga segala penyakit.

Dan perlu sahabat Ummi ketahui kalau ternyata ruqyah itu dibagi menjadi dua golongan. Golongan ruqyah yang pertama adalah ruqyah syar’iyah yang berarti dalam ruqyah ini melakukan pengobatan dengan cara membacakan doa-doa dari bacaan Al-Qur’an, tak cuma didoakan saja melainkan juga berdzikir.

Sedangkan Ruqyah yang menjadi golongan kedua adalah ruqyah Syirkiyah. Ruqyah yang dimaksud dalam hal ini adalah ruqyah yang dilakukan sebagian orang dengan cara tidak membacakan doa dari bacaan Al-Qur’an. Biasanya hal seperti ini bisa dibilang praktek dukun, dan yang mereka baca adalah jampi-jampi atau mantra. Ruqyah semacam ini dilarang dalam syari’ah. Sebagaimana Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda : “Sesungguhnya mantra-mantra, jimat, dan guna-guna adalah syirik.” (HR.Abu Dawud dan Ahmad).

Tilawah dan ruqyah syar’iyah sekalipun sama-sama membaca qur’an, berbeda di niatnya.

Jadi, sekarang sudah lebih tau kan perbedaannya. Semoga artikel ini bermanfaat. (Marthina)

loading...

Leave A Reply

Your email address will not be published.