Beberapa Masker Alami Ini Mempunyai Efek Samping

0 7

Sahabat Ummi, begitu banyak upaya yang kita lakukan untuk mendapatkan kulit wajah putih, halus dan kencang, agar tampil semakin cantik dan percaya diri. Tidak perlu mengeluarkan uang banyak, asalkan kita mau dan rutin melakukan perawatan insyaAllah wajah yang diinginkan akan mudah tercapai.

Banyak orang yang rutin merawat wajah dengan masker berbahan alami, mulai dari beras, alpukat, putih telur, lemon, madu, kunyit, dan masih banyak lagi. Semua bahan alami tersebut diaplikasikan sebagai masker pada wajah sesuai kebutuhan dan jenis kulit. Tapi, walaupun terbebas dari bahan kimia apakah semua bahan alami tersebut aman dijadikan masker wajah?

Ternyata ada beberapa bahan yang tidak baik dipakai terlalu sering sebagai masker wajah, dan kandungannya yang kurang cocok dengan kulit wajah. Dikutip dari berbagai sumber, berikut ini bahan alami yang biasa dipakai untuk masker wajah yang mempunyai efek samping.

1. Lemon

Lemon merupakan buah yang kaya akan vitamin C. Hal tersebut menyebabkan banyak orang berasumsi bahwa buah lemon bisa memutihkan kulit wajah. Sebenarnya, kandungan vitamin C  dalam jeruk lemon berbeda dengan vitamin C yang dipakai di pusat kecantikan. Vitamin C di dalam jeruk lemon tidak dapat diserap langsung oleh kulit karena lemon memiliki pH kecil yang bersifat asam. Jadi, bisa merusak lapisan kulit kita yang berfungsi untuk menjaga kelembapan. Alhasil lapisan kulit yang biasanya lembut akan menjadi lebih keras dan tidak sehalus sebelum dilakukan perawatan dengan menggunakan lemon.  

 

Baca juga: Begini Cara Facial Wajah Sendiri di Rumah Dengan Bahan Alami

 

2. Madu

Madu memiliki kepekatan yang luar biasa dalam hal kandungan gulanya. Bila mengoleskan madu pada wajah, maka kemungkinan kulit akan kehilangan air yang cukup banyak. Bukannya berambah lembab, tapi jadi membahayakan kesehatan kulit. Madu sendiri mengandung serbuk sari yang fungsinya untuk meregenerasi kulit. Jadi, madu lebih baik diminum daripada diaplikasikan sebagai masker pada wajah.

3. Kunyit

Ada saja yang berpikir bahwa semakin sering melakukan perawatan, maka hasil yang didapat akan cepat dan maksimal. Hal itu tidak dibenarkan, sebagai contoh masker kunyit yang dapat menghilangkan jerawat. Jika Sahabat Ummi setiap hari menggunakan masker kunyit maka akan menyebabkan kulit terbakar. Pemakaiannya pun jangan sampai melebihi 25 menit karena dapat menimbulkan bintik merah di kulit.

Pada dasarnya segala sesuatu hal yang tidak sesuai dan pemakaian berlebih dapat menyebabkan hal negatif. Sama hal nya dengan perawatan wajah, lakukan dengan rutin bukan berarti sering karena tujuan utamanya adalah merawat. Jangan sampai karena ketidaksabaran kita untuk mendapatkan hasil menjadikan kulit  rusak, sangat disayangkan ya, Sahabat Ummi.

Foto ilustrasi: google

Hani Dwi Putri

 

loading...

Leave A Reply

Your email address will not be published.