Baking Soda untuk Mandi, Inilah Manfaatnya

By | May 18, 2018

Jika Sahabat Ummi selama ini hanya mandi dengan sabun dan shampo, maka sekarang coba mandi dengan menggunakan baking soda. Selain untuk kue, manfaat baking soda ternyata memiliki manfaat untuk tubuh. Yuk simak manfaatnya berikut ini.

1. Menenangkan Ruam Kulit

Kulit bayi yang kemerahan akibat ruam popok dapat diatasi dengan merendam bagian tubuh tersebut dalam air larutan 2 sdm baking soda selama 10 menit maksimal. Jangan menggunakan terlalu banyak, sebab soda kue dapat terserap ke dalam kulit dan menyebabkan pH tubuh menjadi terlalu basa.

Lakukan tiga kali sehari sampai ruam benar-benar sembuh. Selanjutnya, pastikan Anda menepuk daerah tersebut sampai benar-benar kering sebelum memakai popok yang baru dan bersih.

Baking soda juga dapat membantu penyembuhan ruam yang disebabkan misalnya setelah menyentuh tanaman beracun. Merendam bagian tubuh yang mengalami ruam akan mengurangi rasa gatal sehingga ruam lebih cepat sembuh.

2. Meredakan Infeksi Jamur

Dilansir dalam laman Heathline, sebuah studi tahun 2014 menemukan bahwa baking soda memiliki sifat antijamur yang dapat membunuh jamur candida penyebab infeksi.

Baking Soda untuk Mandi, Inilah Manfaatnya

3. Mengurangi gejala Infeksi Saluran Kemih

Air rendaman dengan baking soda juga bisa membantu penyembuhan infeksi saluran kemih, Berendam dengan baking soda dapat membantu melawan bakteri sekaligus menetralisir asam dalam urin yang disebabkan oleh bakteri tersebut, dan mempercepat penyembuhan. Sahabat ummi bisa berendam dua kali dalam sehari selama 30 menit.

4. Mengatasi Eksim

Nah, mandi dengan soda kue dapat membantu menenangkan dan menyembuhkan gejala eksim. Setelah berendam dengan air baking soda, Sahabat Ummi juga harus tetap menggunakan lotion untuk menjaga kelembapan kulit.

Mandi air hangat dengan baking soda juga dikenal dapat membantu membilas racun dari pori-pori kulit. Terlebih, baking soda tidak berban dan tidak berwarna sehingga tidak meninggalkan bekas mengganggu di kamar mandi.

Itulah dia manfaat dari mandi dengan baking soda. Disarankan untuk tidak menggunakan air panas dan untuk yang memiliki kulit sensitif untuk tidak mencobanya atau jika ingin dapat mencoba terlebih dahulu oleskan air baking soda di tangan atau lengan dalam. Jika terjadi reaksi yang tidak diinginkan maka sebaiknya hindari. (Marthina)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *