Anak Menggunakan Sunblock, Perlukah?

By | December 14, 2016

Sahabat Ummi, memasuki masa liburan panjang biasanya digunakan untuk mengajak anak liburan. Anak-anak biasanya lebih senang bermain di luar rumah dan mengeksplorasi dirinya dengan alam sekitar. Sahabat Ummi, perlukah kita memberikan sunblock untuk anak?

Sahabat Ummi, sinar matahari sampai jam 9 pagi mengandung berbagai vitamin yang berguna bagi kesehatan tulang. Lain ceritanya dengan sinar matahari pukul 10.00-16.00. Sinar yang ini bisa menimbulkan kulit terbakar dan memicu radikal bebas. Hal ini pun bisa mengintai si kecil jika kita membiarkannya berada di bawah sinar matahari terlalu lama.

Lalu, amankah penggunaan tabir surya bagi anak? Dr. Dewi memaparkannya kepada sangbuahhati(dot)com, ada 4 hal yang harus diperhatikan jika ingin memilih sunblockanak.

  1.   Pilih sunblock yang hypoallergenic, yaitu mengandung sedikit pewangi, pewarna, dan pengawet

Hal ini akan mengurangi tingkat sensitivitas anak yang rentan terhadap bahan-bahan kimia. Mintalah petunjuk dokter untuk memberikan rekomendasi merk dan kandungansunblock yang aman.

  1.   Carilah sunblock yang mengandung SPF 30

Iklim Indonesia yang tropis membutuhkan perlindungan yang lebih tinggi dibanding negara-negara di dataran Eropa yang hanya membutuhkan krim ber-SPF 20. SPF yang tinggi dibutuhkan untuk memberikan perlindungan lebih lama terhadap kulit meski terpapar sinar matahari yang kuat.

 

Baca juga: Perlukah Pakai Sunblock di Rumah?

 

  1.   Pilih sunblock yang dapat menangkal UV A dan UV B

Kedua penangkal ini dibutuhkan untuk mengurangi efek kulit terbakar dan membuat bayi gosong. Tidak lucu kan jika niat kita melepas penat malah membuat anak sakit dan mengalami kerusakan kulit?

  1.   Jika beraktivitas di luar seperti berenang, gunakan sunblock waterproof
  2.   Uji tingkat alergi anak

 Kulit anak yang sensitif rentan terhadap berbagai masalah kulit, apalagi yang ditimbulkan oleh penggunaan bahan kimia. Untuk menghindari hal ini, sebelum mengaplikasikan sunblock  pada anak, olekan dulu secara tipis pada lengan bawah anak. Jika tidak terjadi reaksi alergi, maka sunblock bisa digunakan di bagian tubuh lainnya.

 Jadi pada intinya, penggunaan sunblock pada anak aman digunakan asal sesuai dengan aturan dan jenis kulit anak, “Untuk usia anak yang lebih besar dan memiliki jenis kulit yang berminyak, hindari bahan-bahan yang comedogenic (berbahan dasar minyak) guna menghindari jerawat. Lebih baik carilah sunblock dengan bahan dasar air, seperti dalam bentuk gel atau lotion. Sebaliknya, untuk kulit yang kering dan mudah pecah-pecah, cari bahan yang bersifat comedogenic,” ujar dr. Dewi.

Foto ilustrasi: google

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *