Ali Akbar, Harta Karun Informasi

By | November 18, 2014

Ali Akbar, Pakar Search Engine Optimization (SEO) & Entrepreneur

 

Ia adalah segelintir dari orang Indonesia dan mungkin satu-satunya Muslim Indonesia yang meraih sertifikat kelulusan dari Search Engine Academy Asia. Tidak hanya tekun memberikan pelatihan SEO, ia juga aktif dalam berbagai kegiatan dakwah dan filantropi Islam.

Apa itu SEO?

Ilmu optimalisasi mesin pencari ini mempelajari cara agar informasi yang kita miliki bisa ditemukan di halaman pertama Google. Dalam konteks bisnis, berarti upaya agar bisnis kita berada di halaman awal Google. Efeknya, kita akan menuai banyak keuntungan. Sebaliknya, bisnis yang tidak peduli pada optimalisasi informasi di internet akan bangkrut karena kini semua orang memakai Google untuk mencari informasi.

Kontribusi ilmu SEO bagi bangsa?

Saat ini Indonesia baru memasuki era informasi. Sedangkan negara-negara maju sudah masuk era optimalisasi. Era informasi diakhiri jika semua wilayah Indonesia sudah terjangkau akses internet. Bila saat itu tiba, kita ajarkanlah masyarakat untuk mengoptimalkan informasi yang mereka peroleh untuk meningkatkan taraf hidup mereka.

Orang Indonesia sudah merasa cukup dengan bisnis skala lokal, jadi yang muter cuma rupiah. Setelah orang-orang mulai kenal ilmu optimasi, mereka akan sadar bahwa dia bisa, lho, dapat uang dari luar negeri. Di sinilah kesejahteraan dan taraf hidup bisa meningkat. Bayangkan kalau seluruh anak muda Indonesia menguasai ini, tentu rupiah akan menguat karena mareka berduyun-duyun membeli produk Indonesia.

Kaitan SEO dan aktivitas keislaman Anda?

Ini yang paling penting. Lewat belajar SEO, Allah membukakan saya hikmah yang luar biasa. Analogi saya begini, Allah memiliki surga 'Adn dan Ia ingin tahu siapa saja umatnya yang masuk ke surga itu lewat sebuah 'mesin pencari penghuni surga'.

Allah sudah punya kriterianya. Ciri penghuni surga 'Adn antara lain, rajin shalat, menjaga kehormatan, menjaga auratnya, menjaga saudaranya, peduli dengan anak yatim. Bila seseorang memenuhi kriteria-kriteria itu, maka dia akan ditemukan oleh Allah di 'mesin pencari surga-Nya', istilahnya begitu.

Nah, kalau saya belajar 200 jurus di Search Engine Academy, maka sebenarnya ada ratusan bahkan ribuan jurus dalam Al-Qur'an yang bisa membuat seseorang masuk surga. Kalau para pengusaha saja rela bayar berapa pun untuk jasa saya memasukkan bisnis mereka di halaman satu Google, sesungguhnya kita pun harus berusaha keras untuk memasukkan nama kita di 'mesin pencari surga'. (Didi Muardi)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *