7 Khasiat Jahe yang Belum Banyak Diketahui

By | April 16, 2018

Sahabat Ummi, suka minum jahe? Jahe termasuk rempah-rempah yang sudah pasti ada di setiap dapur. Biasanya jahe digunakan untuk membuat masakan terasa lebih mantap dan harum. Tak jarang jahe juga dimanfaatkan untuk minuman penghangat tubuh. Tak heran jika rempah-rempah asli Asia ini bisa terus mendapat perhatian pencinta kuliner.

Sahabat Ummi, perlu kita ketahui bahwa Jahe ini ternyata memiliki khasiat lain selain menjadi rempah makanan dan wedang lho. Berikut ini 7 manfaat jahet yang belum banyak diketahui:

1. Otot kaku dan sakit setelah berolahraga? Jahe bisa membantu untuk mengurangi rasa nyerinya
Coba seduh parutan jahe sebanyak dua gram setiap harinya selama dua minggu. Dijamin nyeri otot tak akan lagi terasa.

2. Kadar gula tinggi? Jangan langsung minum obat!
Cukup dengan rutin minum air jahe setiap hari akan menurunkan kadar darah hingga 12 persen, jadi kalau Sahabat Ummi yang mengidap diabetes tipe 2, air jahe bisa menjadi salah satu obat yang sederhana.

7 Khasiat Jahe yang Belum Banyak Diketahui

3. Susah mengingat dan konsentrasi? Jahe bisa membantu.
Sebuah studi membuktikan bahwa jika kamu teratur mengonsumsi jahe, di umur 60-an kemungkinan terserang pikun atau demensia akan jauh berkurang.

4. Untuk Luka Memar dan Bengkak
Jahe juga diketahui memiliki kandungan anti nyeri alamiah sehingga cukup banyak orang yang menggunakan minyak jahe sebagai pereda nyeri dan juga bengkak. Penelitian menunjukkan jahe mengandung senyawa anti inflamasi dan minyak volatile yang memiliki efek analgesik dan pereda nyeri.

5. Menjinakkan Kolesterol
Ternyata, selain menurunkan kadar gula darah, Jahe juga dapat menjinakkan Kolesterol. Caranya? Cukup dengan mengonsumsi tiga gram bubuk jahe setiap hari dan bulan berikutnya waktu cek kadar kolesterol pasti akan kaget.

6. Mengatasi Gangguan Pencernaan
Sistem pencernaan yang terganggu seperti rasa sakit dan kram yang muncul menjelang haid bisa diatasi dengan minum air jahe secara rutin.

7. Kandungan Ibuprofen dalam Jahe dapat meredakan Nyeri
Punya pengalaman buruk dengan premenstrual syndrome (PMS)? Cobalah mengonsumsi teh jahe. Sebuah studi dalam Journal of Alternative and Complementary Medicine menemukan bahwa jahe sama efektifnya dengan ibuprofen untuk menghilangkan sakit atau kram saat PMS. Satu tips lain untuk meredakan nyeri PMS adalah menempatkan handuk panas basah yang sudah direndam dalam teh jahe di atas perut. (Marthina)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *