7 Kebiasaan Sederhana yang Dapat Mencerahkan Kulit

By | April 16, 2018

Sahabat Ummi, banyak wanita yang menggunakan produk untuk mencerahkan kulit. Bahkan tak jarang yang berkonsultasi dengan dokter klinik kecantikan dan merogoh kocek lumayan mahal hanya untuk mendapatkan kulit lebih terang. Namun ternyata beberapa kebiasaan sederhana ini bisa membuat kulit kita cerah alami dan sehat lho, tanpa perlu keluar uang banyak:

1. Perbanyak minum Air putih

Sesuai dengan takaran yang sudah umum, bahwa kita harus minum air putih sebanyak 8 gelas setiap harinya. Kita harus melakukannya karena tubuh kita 90% terdiri dari cairan, sehingga asupan air akan sangat berguna untuk proses metabolisme tubuh.

Memang hasilnya tidak akan tampak secara instan, tetapi perlu diketahui bahwa hasilnya akan bertahap dan kita akan merasakan bahwa kulit wajah kita terlihat cerah kemudian. Bahkan manfaat dari air putih ini pun berlipat-lipat, selain untuk membantu mencerahkan kembali kulit yang kusam, juga bisa untuk membantu menjadi kesehatan tubuh dari penyakit-penyakit yang lainnya.

2. Hindari ‘Junk Food’ dan perbanyak konsumsi buah dan sayur

Hindari makanan-makanan “sampah” yang tidak sehat dan berbahaya. Bila terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung minyak, lemak, gula dan junk food, kulit menjadi berminyak dan akan timbul banyak jerawat.

Mulailah mengkonsumsi makanan yang sehat dan perbanyak konsumsi sayur dan buah-buahan. Pilih sayuran dan buah yang berkhasiat untuk kecantikan kulit, seperti jeruk, tomat, kentang, brokoli dll.

7 Kebiasaan Sederhana yang Dapat Mencerahkan Kulit

Jika ingin ngemil, Sahabat Ummi bisa membuat sendiri salad sayur atau buah. Sayuran dan buah memiliki banyak kandungan antioksidan yang pastinya bisa menjaga kulitmu dari polusi dan sengatan sinar UV.

3. Rutin Olahraga

Kebiasaan ini menjadi salah satu kebiasaan sederhana pembasmi kulit kusam yang harus dilakukan. Bahkan kegiatan ini menjadi kegiatan wajib yang selalu menjadi penangkal dari semua jenis penyakit atau gangguan pada tubuh kita. dengan rajin berolahraga, sistem metabolisme tubuh akan lancar dan kulit wajah terlihat lebih kencang dan cerah.

4. Menjaga Kebersihan Wajah

Rutinlah mencuci wajah dua kali sehari. Sabun akan mengangkat dan membersihkan kotoran beserta kuman dan bakteri yang menempel di permukaan kulit wajah. Pakailah produk sabun pencuci wajah yang memiliki manfaat untuk mengontrol wajah berminyak dan mampu mengangkat sel kulit mati. Cucilah wajah sebanyak dua kali sehari, pagi hari setelah bangun tidur dan malam hari sebelum tidur.

5. Gunakan Masker

Masker wajah memang memiliki khasiat untuk memberikan perawatan ekstra pada wajah. Selain mengencangkan kulit, menyempitkan pori-pori, masker juga dapat mencerahkan wajah. Masker dapat mengurangi kulit kusam dan juga bintik hitam pada wajah yang sangat mengganggu.

6. Gunakan Tabir Surya

Pakailah selalu tabir surya setiap melakukan kegiatan di luar ruangan. Tabir surya sangatlah penting pada masa seperti ini, di mana cuaca bisa berubah tanpa bisa diprediksi. Tabir surya bukan hanya berguna untuk melindungi kulit agar tidak terbakar dan gosong, tapi juga berguna untuk melindungi kulit dari radiasi sinar UV yang bisa menyebabkan timbulnya kanker kulit.

7. Cukupkan Waktu Tidur

Usahakan selalu mendapatkan jatah tidur yang cukup, minimal 7-8 jam dalam sehari. Pola tidur yang baik dapat berdampak baik bagi kesehatan kulit. Wajah akan senantiasa terlihat segar dan lebih bersih karena proses regenerasi kulit ketika tidur di malam hari tidak terganggu. Begadang atau tidur larut malam hanya akan membuat wajah tampak keriput, kusam dan menua. (Marthina)

loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *