7 Jurus Berlibur Murah Berkesan Mewah

By | December 16, 2016

Sahabat Ummi, liburan akhir tahun sudah hampir tiba. Pastinya perasaan kamu bercampur-aduk, antara bingung mau ngapain, berlibur ke mana, atau mengajak siapa? Nah, mau tahu tujuh kiat agar kita dapat berlibur dengan cara yang murah, namun meninggalkan kesan mewah? Simak saja tulisan berikut ini:

1. Tilawah bersama komunitas

Liburan akhir tahun tidak perlu dirayakan dengan hura-hura terlebih pesta pora. Cukuplah kita rayakan dengan melakukan segala sesuatu yang bisa mendatangkan rida Allah subhanahu wa ta’ala. Misalnya dengan tilawah atau tadarus bersama-sama. Selain berpahala, bertambah pula sahabat dan kecintaan kita kepada Alquran.

2. Belajar bahasa

Ajaklah sahabat, kerabat, atau siapapun untuk belajar bahasa asing bersama-sama. Bisa dengan cara menyanyikan lagu, tebak-tebakan huruf atau kata, bermain teka-teki silang, menonton film berbahasa asing. Nah, kosakata baru bertambah, liburan tahun barumu juga bernilai ibadah.

3. Bersantai bersama

Maksudnya bagaimana? Boleh bersantai di depan api unggun, di depan televisi, di ruang keluarga, dsb. Bersama siapa? Siapapun boleh diajak. Semakin ramai, lebih asyik rasanya. Kebersamaan itu sederhana, membuat bahagia, namun banyak yang melupakannya. Beberapa orang bahkan harus rela mengeluarkan uang berjuta-juta hanya untuk merayakan tahun baru bersama keluarga.

 

baca juga: Akhir Tahun, Ini Dia Pertanyaan yang Harus Direnungkan!

 

4. Berkebun

Nah, hal yang satu ini bisa dilakukan dengan cara sederhana. Kamu tahu kan, tabulampot? Tanaman buah di dalam pot. Benar sekali. Dengan cara ini, kamu tidak memerlukan pekarangan luas. Cukup di dalam pot, disusun vertikal. Idealnya, kamu perlu membaca buku atau literatur tentang berkebun atau minimalnya bisa bertanya ke orangtuamu. Asyik dan seru, kan?

5. Berolahraga pagi bersama keluarga

Macam olahraga yang dilakukan banyak sekali. Mulai dari jogging, berlari, bersepeda, jalan sehat, dan sebagainya. Banyak manfaat yang didapat. Selain tubuh berkeringat dan menjadi sehat, keharmonisan keluarga juga bertambah semakin erat. Namun, perlu diingat, perlu didahului dengan pemanasan dan pendinginan. Agar tidak terjadi cedera otot.

6. Melakukan hobi lama

Boleh jadi saat bersih-bersih rumah, kamu menemukan perangko kuno. Itu bisa menjadi investasi tak ternilai, lho. Beberapa di antara kita ada yang pernah menyukai origami, merajut, menenun, menganyam, sahabat pena atau korespondensi dengan surat, koleksi uang atau benda-benda kuno, dsb.

7. Berselancar di dunia maya

Siapa tahu kamu menemukan promo atau diskon fantastis ke destinasi wisata yang selama ini kamu impikan. Menjalin silaturahmi melalui jejaring sosial, menimba ilmu di situs terpercaya dan resmi, memahami jurnal atau paten internasional, dan masih banyak hal menarik lainnya yang bisa dilakukan di era digital ini. Cukup sekali klik, dunia kini seolah berada di dalam genggaman. Perlu ingat waktu dan posisi tubuh yang ergonomis, agar kita tetap dapat berinternet dengan sehat.

Nah, tunggu apa lagi? Buruan lakukan salah satu tips di atas. Yang terpenting, jangan lupakan Allah dan tetaplah berbagi untuk sesama. Itulah kunci kebahagiaan. Berlibur murah, berkesan mewah, karena Allah. 

 

 

Penulis: Dito Anurogo, dokter digital/online, penulis 18 buku, sedang studi S-2 IKD Biomedis FK UGM Yogyakarta, [email protected]

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *