5 Tips Belanja Hemat untuk Pasutri Muda

By | May 15, 2016

Sahabat Ummi, adalah wajar jika pasangan suami istri baru (pasutri muda) mengaplikasikan prinsip ekonomi (dengan pengorbanan sekecil-kecilnya untuk mendapatkan hasil tertentu atau dengan pengorbanan tertentu untuk mendapatkan hasil sebesar-besarnya) dalam aktivitas keseharian mereka yang berhubungan dengan uang.

Salah satu aktivitas yang sangat berhubungan dengan uang adalah belanja. Ada 5 tips yang bisa dipraktikkan oleh pasutri muda dalam aktivitas berbelanja mereka, yaitu:

1. Manfaatkanlah diskon

Setiap tempat tentu menawarkan diskon yang berbeda-beda. Tak ada salahnya bila kita mencatat item-item apa saja yang didiskon dan sampai kapan waktunya. Misalnya, di swalayan A sedang diskon produk deterjen dan susu sedangkan di swalayan B sedang diskon produk pewangi ruangan dan beras. Maka, kita bisa mendatangi keduanya dan membeli item-item yang didiskon tersebut.

 

Baca juga: Tips Hemat Belanja Makanan di Bulan Ramadhan

 

2. Sebaiknya ajaklah teman atau pasangan yang memiliki karakter berlawanan dengan kita. Misalnya, kita tipe orang yang mudah tergoda maka ajaklah teman yang memiliki tipe perhitungan. Atau, bila kita tipe orang perhitungan maka ajaklah teman yang memiliki tipe lebih loyal. Tujuannya adalah untuk saling melengkapi dan mengingatkan.

3. Mungkin terlihat klise, nyatanya benar: catatlah semua bahan atau produk yang akan dibeli. Bila malu untuk mencatatnya di kertas, kita bisa mencatatnya di HP. Cara pencatatannya sendiri bisa dengan diurut lewat abjad atau cara lain misalnya dimulai dari kebutuhan dapur, kebutuhan perawatan wajah dan tubuh, kebutuhan kesehatan, dan lainnya.

4. Belanja sekaligus atau tidak?

a. Untuk produk-produk yang mudah habis sebaiknya kita tidak berbelanja sekaligus atau saat itu juga, misalnya camilan, susu, atau produk sejenis. Mengapa? Karena bisa saja kita habiskan sekaligus lalu keesokan harinya kita membeli lagi. Namanya manusia akan mudah tergoda bila melihat hal-hal yang jumlahnya melimpah.

b. Sedangkan untuk produk yang tahan lama sepert beras, deterjen, pelembut pakaian, akan lebih bijak bila kita membeli sekaligus (bukan eceran) karena biasanya beli banyak akan lebih hemat.

5. Jangan banyak-banyak membawa uang tunai

Referensi:

1. Ariefiansyah, Miyoshi. 2012. Cash Flow Management untuk Awam dan Pemula. Jakarta: Laskar Aksara.

Foto ilustrasi: google

Profil Penulis:

Miyosi Ariefiansyah adalah penulis buku “Cash Flow Management untuk Awam dan Pemula” dan pemilik blog http://rumahmiyosi.com

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *