5 Cara Gunakan Lemon sebagai Pembersih Alami

By | November 12, 2014

Lemon, si asam-asam segar ini tentu sudah kita tahu aneka manfaatnya bagi tubuh. Tapi tahukah Anda, selain dapat digunakan sebagai penambah rasa pada makanan dan minuman, lemon juga bisa menjadi bahan pembersih alami untuk peralatan dapur. Simak lima cara memanfaatkan lemon untuk membersihkan peralatan dapur:

  1. Rendam potongan jeruk lemon dengan semangkuk air, diamkan beberapa menit. Rendaman air jeruk lemon ini berfungsi membersihkan dan menghilangkan noda yang menempel pada kuali, panci stainless steel dan peralatan masak lainnya.
  2. Peras air lemon ke dalam wadah makanan, diamkan beberapa jam. Tambahkan baking soda dan garam, plus sedikit air. Gosok perlahan wadah makanan, untuk membersihkan noda dan kerak yang tersisa
  3. Untuk membersihkan bagian bawah panci yang menghitam, gunakan cairan perasan lemon yang ditambahkan dengan garam, aduk hingga mengental. Lalu gunakan lap kering untuk membersihkan panci dengan campuran perasan lemon dan garam tadi. Usap beberapa kali hingga panci kembali bersih dan mengkilap.
  4. Microwave dan oven pun dapat dibersihkan dengan menggunakan perasan jeruk lemon. Caranya buat campuran cairan yang terdiri dari dua sendok teh perasan air lemon, satu sendok teh baking soda, seperempat sendok teh cairan pencuci piring, dan dua cangkir air panas. Campurkan semua bahan dan masukkan ke dalam botol penyemprot. Semprotkan cairan tersebut ke dalam microwave atau oven yang kotor, gosok dengan sikat gigi bekas lalu keringkan dengan lap.
  5. Bukan hanya air perasan lemon, kulitnya pun dapat digunakan sebagai pembersih untuk talenan. Caranya, parut kasar kulit lemon, taburkan parutan tersebut di atas talenan lalu gosok-gosok hingga bersih, diamkan selama 15 menit dan bilas dengan air bersih.

Yuk bersihkan dan rawat peralatan masak kita dengan bahan-bahan-bahan yang alami dan terjangkau! Dengan lemon, selain bersih dan bebas bakteri, peralatan dapur kita pun jadi beraroma lemon nan segar! Selamat mencoba! (Leily Nurdiani)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *