5 Alasan Bayi Menangis yang Perlu Diketahui Orangtua Baru

By | April 10, 2018
Sahabat Ummi, sama seperti halnya orang dewasa, bayi memiliki berbagai kebutuhan. Namun sayangnya, bayi belumlah bisa berucap dan mengatakan hal apa yang dia butuhkan dan hanya bisa menangis. Apabila Sahabat Ummi adalah orang tua baru, maka kenali dulu mengapa si bayi menangis, coba cek 5 alasan yang paling umum berikut ini:
1. Tidak Nyaman
Bayi menangis bisa saja karena merasa tidak nyaman. Ada juga tanda-tanda lainnya, selain menangis, dia bisa melengkungkan tubuhnya. Jika diperhatikan, sebenarnya dia berlaku demikian untuk menjauhi sesuatu yang membuatnya tidak nyaman. Cobalah periksa, mungkin pakaiannya basah terkena pipis atau merasa kedinginan.
2. Bayi merasa Lapar
Jika Sahabat Ummi sudah memberikannya susu dari 3 – 4 jam yang lalu, bayi bangun, dan kemudian mulai menangis, mungkin ia merasa lapar. Berikan bayi susu dan ia akan berhenti menangis.

 

5 Alasan Bayi Menangis yang Perlu Diketahui Orangtua Baru

3. Merasa Lelah
Jika bayi mulai terlihat malas beraktivitas, tidak mau diajak bermain, sering menguap lalu menangis, berarti bayi sedang lelah dan ingin tidur, itu sebabnya ia rewel.
4. Masuk Angin
Kemungkinan terdapat angin yang terperangkap di dalam perut si bayi sehabis minum susu. Membantu bayi bersendawa setelah menyusui, akan mencegah hal ini terjadi.
5. Kolik
Jika bayi menangis selama beberapa jam setiap hari dan pada jam tertentu, biasanya pada sore atau malam hari, Kemungkinan si Bayi mengalami Kolik. Bunda tidak perlu khawatir, karena masa-masa tangisan bayi ini akan menghilang pada saat bayi berusia 4 bulan.
Jika Sahabat Ummi belum dapat mengetahui penyebab bayi menangis, mulailah dengan memenuhi kebutuhan dasarnya. Berikan ia susu, ganti popoknya, pastikan ia tidak kedinginan atau kepanasan, dan pakaian yang ia pakai nyaman.
Sahabat Ummi sudah melakukan hal itu tapi ia masih menangis? Beberapa cara lain bisa anda coba seperti memberikan pelukan pada bayi anda, melakukan pijatan halus pada bayi, memberikan bayi sesuatu untuk dihisap seperti dot bayi, memutarkan music atau murrotal, memberikan mainan agar ia berhenti menangis, dan jangan lupa… coba ruqyah bayi dengan ayat-ayat qur’an karena bayi masih rentan dengan gangguan jin.
(Marthina)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *