Tentang Ummi  /   Kontak  /   Iklan  /   Berlangganan  /   Agen
  1. Beranda
  2. /
  3. Kesehatan
  4. /
  5. Tips Olahraga Ketika Berpuasa

   Rubrik : Kesehatan

Tips Olahraga Ketika Berpuasa

  Ditulis Oleh EciFe1 Dibaca 1319 Kali

Tips Olahraga Ketika Berpuasa
Tips Olahraga Ketika Berpuasa

Sahabat Ummi, Olah raga saat berpuasa sepintas mungkin terdengar berat. Namun sebenarnya olah raga dibulan puasa justru dapat meningkatkan kebugaran tubuh dan menunjang aktivitas. Sebaliknya, bermalas-malasan selama menjalankan puasa justru membuat tubuh lemas, letih, mengantuk, dan tidak bersemangat.


Ketika berolah raga terjadi pembakaran lemak cadangan dalam tubuh. Lemak yang terbakar tersebut diubah jadi glukosa sehingga rasa lemas, letih, mengantuk akibat turunnya kadar gula darah akan lenyap. Sangat cocok bagi yang menargetkan turun berat badan atau untuk menjaga berat badan ideal. Selain itu berolah raga juga menimbulkan rasa senang dan bahagia. Sebab proses produksi hormon endorfin atau yang dikenal sebagai ‘hormon bahagia’ jadi meningkat. Jadi, selain meningkatkan kebugaran tubuh, olah raga ketika berpuasa juga menimbulkan perasaan bahagia.

Untuk merasakan manfaat dari olah raga ketika berpuasa, pilihan latihannya haruslah tepat. Sesuaikan porsi olah raga dengan kebutuhan tubuh masing-masing. Hindari berolah raga di bawah terik matahari, serta tidak memaksakan diri berolah raga secara berlebihan. Jika merasa pusing, mual selama berolah raga, sebaiknya sudahi olah raganya.

Beberapa jenis olah raga ringan bisa jadi pilihan selama berpuasa. Seperti jogging atau threadmil, jalan kaki, push up, senam tahap ringan hingga sedang, squat jump beberapa menit dilanjut peregangan (streching), bersepeda keliling perumahan, main sepatu roda, serta beragam jenis olah raga ringan lainnya. Bagi pekerja kantoran naik turun tangga bisa jadi alternatif pengganti olah raga jika tidak sempat meluangkan waktu khusus berolah raga. Untuk pilihan lebih tepat anda bisa berkonsultasi dengan konsultan olah raga.

Lantas kapan sebaiknya berolah raga selama bulan puasa?
Tergantung tujuan berolah raganya apa. Namun lebih disarankan untuk melakukannya menjelang waktu berbuka puasa. Satu jam atau setengah jam jelang berbuka dianggap cukup untuk berolah raga. Waktu ini dianggap paling ideal karena saat berbuka energi yang terkuras akan segera tergantikan. Untuk itu perlu diperhatikan menu berbuka dan sahur yang memenuhi kebutuhan. Olah raga boleh dilakukan pada waktu lain, asalkan porsinya cocok dan tidak terlalu menguras energi tubuh hingga menggangu jalannya ibadah Ramadhan. 

Foto ilustrasi: google

Yuk, ikutan Tebar Wakaf Qur'an untuk para santri Penghafal Qur'an.
Donasi Rp 100.000,- Disalurkan untuk Lembaga Penghafal Qur'an
Transfer ke Bank BCA 5800.144.096 atas nama Yayasan Insan Media Peduli
Konfirmasi : 0857 1549 5905 (Purnomo)


loading...


Tag :


Mau Berlangganan MAJALAH UMMI CETAK hubungi 081546144426 (bisa via whatsapp).

Komentar

 

 

Top
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});