Tentang Ummi  /   Kontak  /   Iklan  /   Berlangganan  /   Agen
  1. Beranda
  2. /
  3. Kesehatan
  4. /
  5. Rasakan Manfaat Minum Susu bersama Keluarga

   Rubrik : Kesehatan

Rasakan Manfaat Minum Susu bersama Keluarga

  Ditulis Oleh Administrator Dibaca 544 Kali

Rasakan Manfaat Minum Susu bersama Keluarga
Rasakan Manfaat Minum Susu bersama Keluarga

Konsumsi susu masyarakat Indonesia ternyata masih rendah jika dibandingkan dengan negara-negara lain; hanya 12 liter per orang per tahun atau setara dengan tiga sendok makan sehari. Sebab, masyarakat umumnya beranggapan bahwa minum susu hanya untuk anak-anak. Sehingga begitu menginjak dewasa, kebiasaan minum susu ditinggalkan. Padahal, orang remaja dan dewasa juga masih perlu minum susu.

Menurut Ahli Gizi Prof. Dr. Hardinsyah, MS, segelas susu memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan. Namun sebelumnyaia menegaskanbahwa susu sapi hanya diperbolehkan bagi bayi di atas 6 bulan atau setelah ASI eksklusif. “Konsumsi susu dapat membantu memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral yang bermanfaat bagi pertumbuhan dan perkembangan, khususnya pada anak,” jelas Ketua Umum Perhimpunan Pakar Gizi dan Pangan Indonesia (PERGIZI Pangan) ini.

Beberapa keunggulan susu menurut Prof. Hardin adalah ia mudah dikonsumsi, enak karena mengandung asam lemak dan asam amino yang membuat rasa susu menjadi gurih, padat gizi, cocok untuk difortifikasi/diperkaya, bermanfaat bagi kesehatan dan menggerakkan pertanian dan ekonomi masyarakat.

Ia menjelaskan, tak ada makanan lain yang memiliki kalsium dan vitamin D secara bersamaan kecuali susu. Oleh sebab itu, susu selain bermanfaat menguatkan tulang, juga menumbuhkan tulang yang bermanfaat bagi masa pertumbuhan anak. “Anak yang membawa gen pendek, jika minum susu setiap hari, akan tumbuh tinggi. Jika ditambah dengan berbagai latihan dan stimulus, maka hasilnya akan lebih baik lagi,” terangnya dalam acara peluncuran Kampanye ‘Saatnya Keluarga Minum Susu Sekarang!’ oleh Frisian Flag Indonesia di Hotel Aston Kuningan Suites, Jakarta pada 20 Maret kemarin.

Lebih jauh, Prof. Hardin mengatakan bahwa minum susu adalah bagian dari nilai budaya dan religius. Adalah mitos jika susu baru dikenal saat masa penjajahan Belanda. Nyatanya, jauh sebelum Belanda datang masyarakat Indonesia sudah mengenal susu. Salah satunya di daerah Sumatera Barat yang membudidayakan dadih—susu yang difermentasi di sebuah wadah dari bambu. Selain itu, dalam Al-Qur’an susu juga disebut sebagai salah satu dari empat minuman yang ada di surga. Bahkan manfaat susu pun dibeberkan sebagaimana tertera dalam surat An-Nahl ayat 66 dan Al-Mu’minun ayat 21.

Lalu, bagaimana menjadikan minum susu sebagai kebiasaan baik dalam keluarga? Psikolog Roslina Verauli, M.Psi menjelaskan bahwa lingkungan keluarga di mana anak tinggal memegang peranan besar dalam membentuk perilaku mengonsumsi nutrisi sehat pada anak, seperti minum susu.

Salah satu cara membiasakan minum susu dalam keluarga bisa dilakukan di saat kumpul keluarga. Misalnya, di pagi hari sebelum beraktivitas. “Tidak perlu waktu lama, minimal lima menit sudah cukup untuk menghidupkan ritual minum susu bersama,” tukasnya. Kumpul keluarga merupakan momen terbaik untuk membentuk emosi positif dan membentuk perilaku sehat.

Ritual keluarga seperti ini, lanjut Vera akan meningkatkan perasaan bahwa keakraban akan terus berjalan. Dampaknya adalah timbulnya perasaan aman dan nyaman pada anak sekaligus meningkatkan kemampuan anak berkomunikasi dengan orang tua atau orang dewasa di sekitarnya.

Saatnya keluarga minum susu sekarang, agar tercipta keluarga Indonesia yang kuat!(Aida)

Yuk, jadi ORANGTUA ASUH (OTA) Santri Penghafal Qur'an Askar Kauny! Donasi Rp 150.000,-/bulan Dapat Majalah Ummi (free ongkir)
Transfer ke Bank Muamalat 335-000-9175 a.n. Yayasan Askar Kauny
Konfirmasi ke 0813 8054 4843 : OTA#Nama#AlamatLengkap#No.HP#jumlahtransfer#TanggalTransfer#JamTransfer


loading...


Tag :


Mau Berlangganan MAJALAH UMMI CETAK hubungi 081546144426 (bisa via whatsapp).

Komentar

 

 

Top
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});