Tentang Ummi  /   Kontak  /   Iklan  /   Berlangganan  /   Agen
  1. Beranda
  2. /
  3. Kesehatan
  4. /
  5. Obat Alergi Pengaruhi Kesuburan, Benarkah?

   Rubrik : Kesehatan

Obat Alergi Pengaruhi Kesuburan, Benarkah?

  Ditulis Oleh Administrator Dibaca 1137 Kali

Obat Alergi Pengaruhi Kesuburan, Benarkah?
Obat Alergi Pengaruhi Kesuburan, Benarkah?

Assalamu'alaikum

Dokter Dewi, Saya penderita alergi yang mempunyai kulit sangat sensitif. Pemicunya bisa sabun, mi instan, es kopi, atau beberapa hal yang sebelumnya tidak menimbulkan alergi. Belakangan jadi semakin sering kambuh. Sebelumnya oleh dokter diberi Loratadin 10 mg (Claritin), terakhir diberi Antihistamin cetirizine 10 mg (Novell). Apakah kedua obat tersebut bisa mempengaruhi kesuburan? Karena saya sedang merencanakan kehamilan. Bagaimana caranya mengobati alergi dengan bahan yang alami, Dok? Terima kasih.

Wassalamu'alaikum

Walgiati, Jakarta

 

Wa'alaikumussalam                                  

Walgiati, alergi tidak dapat disembuhkan secara total. Sekali menderita alergi, maka seumur hidup akan menderita alergi. Alergi pada kulit, atau yang juga disebut dermatitis atopic/eksim/asma kulit, adalah reaksi berlebihan sistem kekebalan tubuh seseorang terhadap lingkungan atau bahan-bahan yang oleh tubuh dianggap asing dan berbahaya—yang bagi orang lain bisa saja tidak berbahaya. Biasanya ini bersifat bawaan yang diturunkan keluarga.

Obat hanya berfungsi mengobati alergi yang muncul saat kambuh, namun tidak dapat mencegah munculnya alergi yang akan datang. Jika suatu saat terjadi kontak lagi dengan alergen (penyebab alergi), alergi akan kambuh lagi, begitu seterusnya. Sampai kini belum ditemukan obat untuk menghilangkan alergi secara total agar tidak kambuh. Karena itu, cara terbaik mengatasi alergi adalah dengan menghindari alergen, sehingga tidak selalu ketergantungan dengan obat.

Banyak sekali jenis alergen di dunia ini. Berikut jenis-jenis alergen yang paling umum.

 

  •         Debu

Pastikan rumah selalu bersih dari debu. Singkirkan benda-benda berbulu, seperti karpet bulu, selimut bulu, binatang berbulu, dll. Bulu-bulu tersebut menyimpan debu yang di dalamnya terdapat kutu debu yang berukuran sangat kecil. Mereka dapat beterbangan tertiup angin, sehingga dapat menempel di kulit dan bahkan terhirup masuk ke sistem pernapasan.

  •         Makanan yang mengandung MSG, pengawet, dan pewarna

Hindari semua makanan yang mengandung bahan tersebut. Mi instan dan makanan ringan yang asin dan gurih, misalnya, kandungan MSG-nya tinggi. Masak sendiri makanan yang akan dikonsumsi, gunakan bahan-bahan yang segar, dan hindari makanan kalengan. Ingat, saat masak pun jangan menggunakantambahan MSG.

  •         Pewangi pakaian baik (untuk rendaman maupun semprot), sabun yang terlalu wangi, sabun antiseptik, air mandi yang terlalu panas, AC yang terlalu dingin, kondisi udara yang dingin dan kering.

Hal-hal tersebut dapat merusak ceramide (zat pelindung kulit). Pada penderita alergi kulit, produksiceramide-nya memang sedikit dibandingkan orang normal. Oleh karena itu perlu menggunakan pelembap yang mengandung ceramide sebagai pelindung tambahan. Pelembap ini dapat dibeli di apotek. Pilih produk yang sudah pasti kehalalannya. Pelembap dioleskan merata pada kulit, segera setelah selesai mandi, saat kulit masih lembap setengah basah. Ulangi penggunaannya jika kulit terkena air.

 

 

Mungkinkah Stres Penyebab Utama Alergi?

 

Selain berbagai penyebab yang telah disebutkan di atas, ada satu faktor penyebab alergi lainnya yang berasal dalam diri, yakni stres. Pada kasus alergi orang dewasa, stres menjadi pemicu utama alergi yang paling banyak terjadi, sementara berbagai faktor yang tadi disebutkan hanya bersifat memperberat keadaan.

Saat stres (stres emosi/stres fisik/kecapekan/banyak pikiran), ujung-ujung saraf di kulit pada penderita alergi mengeluarkan Neurosubstance P (zat yang dapat membuat kulit gatal). Stres memunculkan gatal;semakin digaruk, semakin stres, semakin gatal, begitu seterusnya.

“Apa benar saya stres? Sepertinya tidak.” Pernyataan tersebut sering dilontarkan pasien saya. Merasa dirinya tidak stres, padahal kenyataannya dia dalam kondisi stres. Hal itu terkuak setelah pasienmelakukan konsultasi mendalam, bahkan ia sampai menangis begitu mengetahui bahwa ia sebenarnya dilanda stres. Akhirnya kami bekerja sama dengan psikolog untuk mengendalikan stresnya terlebih dahulu. Setelah itu, barulah alerginya bisa teratasi.

Bisa jadi, pencetus utama alergi Anda adalah stres. Stres ini yang juga dapat memengaruhi kualitas sel telur Anda menjadi kurang bagus. Banyak perempuan yang tak kunjung hamil karena stres. Tanya dalam diri, “Apa benar saya stres?” Jika ya, selamatkan segera diri Anda dengan mengelola stres yang Anda alami.

Sediakan waktu untuk “me time”, jangan mengurusi orang lain terus, mintalah bantuan dan pengertian suami Anda. Coba berhenti sejenak dari hiruk-pikuk rutinitas sehari-hari untuk memanjakan diri sendiri. Misalnya jalan-jalan, makan makanan favorit, perawatan ke salon, dll. Ini dapat membantu menyegarkan pikiran dan perasaan Anda, sehingga stres dapat terkendali. Lakukan seminggu sekali, atau sebulan sekalipun tak mengapa. Jika tak berhasil juga, Anda dapat meminta bantuan psikolog, atau mengunjungi dokter spesialis akupunktur untuk treatment agar ujung-ujung saraf Anda menjadi lebih rileks.

Obat-obat yang Anda sebutkan di atas sebenarnya relatif aman dan tidak memengaruhi kesuburan. Namun jika Anda sedang merencanakan kehamilan, hindari mengonsumsi obat apa pun dan makanan yang mengandung bahan kimia agar tak mengganggu kualitas sel telur Anda. Dan yang utama, kendalikan stres Anda.

Mengontrol stres memang sulit, tapi bisa diupayakan. Buatlah diri Anda menjadi orang yang paling bahagia di dunia dengan berpikir positif dan selalu bersyukur atas apa yang telah diberikan oleh Allah.

 

 

Sumber: Majalah Ummi, Konsultasi Kecantikan 05-XXVIII Mei 2016.

dr Dewi Inong Irana, SpKK, FINSDV

Praktik di RSIA Restu Kasih, Jakarta Timur

Foto ilustrasi : Google

Yuk, ikutan Tebar Wakaf Qur'an untuk para santri Penghafal Qur'an.
Donasi Rp 100.000,- Disalurkan untuk Lembaga Penghafal Qur'an
Transfer ke Bank BCA 5800.144.096 atas nama Yayasan Insan Media Peduli
Konfirmasi : 0857 1549 5905 (Purnomo)


loading...


Tag :


Mau Berlangganan MAJALAH UMMI CETAK hubungi 081546144426 (bisa via whatsapp).

Komentar

 

 

Top
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});