Tentang Ummi  /   Kontak  /   Iklan  /   Berlangganan  /   Agen
  1. Beranda
  2. /
  3. Quran
  4. /
  5. Meski Terlihat Sepele, Jangan Remehkan Syirik yang Ditayangkan TV

   Rubrik : Quran

Meski Terlihat Sepele, Jangan Remehkan Syirik yang Ditayangkan TV

  Ditulis Oleh Administrator Dibaca 6921 Kali

Meski Terlihat Sepele, Jangan Remehkan Syirik yang Ditayangkan TV
Meski Terlihat Sepele, Jangan Remehkan Syirik yang Ditayangkan TV

“Dan bahwasanya ada beberapa orang laki-laki di antara manusia meminta perlindungan kepada beberapa laki-laki di antara jin, maka jin- jin itu menambah bagi mereka dosa dan kesalahan” (QS Jin : 6)

Sahabat Ummi, pernah melihat iklan yang seolah lucu padahal mengandung kesyirikan yang nyata? Misalnya iklan yang memperlihatkan beberapa orang minta tolong dukun untuk menghalau hujan karena mereka sedang ada urusan yang tidak bisa tertunda hanya karena hujan. Sang dukun menyetujui dan menarik awan mendung ke rumahnya. Jangan biarkan anak-anak kita menganggap iklan tersebut lucu.
 
Penting untuk menjelaskan pada putra-putri kita bahwa hujan adalah rahmat Allah, dan meminta tolong dukun bukanlah perbuatan seseorang yang beriman pada Allah. Mungkin kita merasa anak-anak masih kecil dan sulit mengerti penjelasan tentang tauhid, tapi ketahuilah bahwa justru sedari kecil keyakinan bahwa meminta pertolongan hanya pada Allah sudah penting kita tanamkan jika ingin anak-anak kita memiliki akidah yang lurus. Ingat, syirik adalah dosa besar yang tidak terampuni.
 
“Senantiasa seseorang itu meminta (kepada makhluk) sampai dia bertemu Allah ta’ala (pada hari kiamat) dalam keadaan tidak ada sekerat daging pun pada wajahnya.” (HR. Al Bukhari, 3/338- Fathul Bari dan Muslim, no. 1040)
 
Syaikhul islam Ibnu Taimiyyah berkata mengenai hadits ini: “Meminta kepada makhluk padanya ada tiga keburukan, keburukan (karena) menunjukkan rasa butuh kepada selain Allah ta’ala dan ini termasuk satu jenis kesyirikan, keburukan (karena) menyakiti orang yang kita meminta kepadanya dan ini termasuk satu jenis kezaliman terhadap makhluk, dan (keburukan karena) menundukkan diri kepada selain Allah ta’ala dan ini termasuk satu jenis kezaliman terhadap diri sendiri.” (Kitabul Iman, hal. 66)Akan tetapi jika seseorang benar-benar terpaksa meminta sesuatu yang mampu dilakukan oleh makhluk, maka (dalam kondisi ini) diperbolehkan baginya, dengan tetap berusaha menghindarkan diri dari keburukan-keburukan yang tersebut di atas (Lihat Ad Durarus Saniyyah, hal. 79)
 
Maka jangan sampai kita 'kecolongan' karena membiarkan anak-anak menonton iklan atau tayangan lain yang mengandung kesyirikan namun tidak kita beri penjelasan kepada mereka mengenai hukum Islam mengenai hal tersebut. Wallahualam.
 
Foto ilustrasi: google
 
 
 
 

Yuk, ikutan Tebar Wakaf Qur'an untuk para santri Penghafal Qur'an.
Donasi Rp 100.000,- Disalurkan untuk Lembaga Penghafal Qur'an
Transfer ke Bank BCA 5800.144.096 atas nama Yayasan Insan Media Peduli
Konfirmasi : 0857 1549 5905 (Purnomo)


loading...


Tag : quran


Mau Berlangganan MAJALAH UMMI CETAK hubungi 081546144426 (bisa via whatsapp).

Komentar

 

 

Top
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});