Tentang Ummi  /   Kontak  /   Iklan  /   Berlangganan  /   Agen
  1. Beranda
  2. /
  3. Motivasi
  4. /
  5. Menjadi Public Speaker Andal di Segala Situasi dan Kondisi

   Rubrik : Motivasi

Menjadi Public Speaker Andal di Segala Situasi dan Kondisi

  Ditulis Oleh Administrator Dibaca 398 Kali

Menjadi Public Speaker Andal di Segala Situasi dan Kondisi
Menjadi Public Speaker Andal di Segala Situasi dan Kondisi
Bayangkan kamu diundang menjadi pembicara, namun tiba-tiba listrik padam ketika kamu sudah di tengah-tengah presentasi. Apa yang kamu lakukan? Kondisinya mic tidak nyala, slide presentasi pun tidak bisa dilihat, sementara penonton mulai gaduh karena ac ruangan mati dan membuat udara terasa pengap.
 
Atau, bayangkan ketika kamu harus menjadi pembicara di hadapan audiens yang lebih tua usia, lebih senior pengalaman, kira-kira bisakah menyampaikan materi tanpa mengalami nervous atau gangguan psikologis lainnya?
 
Sahabat Ummi yang ingin menjadi public speaker andal di segala situasi, kondisi, tempat, dan juga waktu, sebenarnya kuncinya hanya satu hal saja. Apakah itu?
 
Bukan masalah dress yang kita kenakan, atau masalah keren tidaknya slide presentasi yang kita buat, apalagi sekadar masalah stylist yang kita tampilkan, karena semua hal itu hanyalah bernilai 5% saja. 
 
Jika ingin menjadi public speaker dahsyat, pastikan kita berbicara dari hati kepada audiens kita. Pembicaraan yang berasal dari hati in syaa Allah akan mampu tersampaikan dengan baik ke hati pula.
 
Dress, mic, slide, performance hanyalah alat bantu yang bisa membuat tampilan kita sebagai public speaker lebih sempurna. Akan tetapi bukan hal-hal itu yang membuat kita jadi pembicara andal. 
 
Seorang public speaker hebat, sekalipun tidak mengenakan pakaian bagus, sepatu branded, bahkan slide presentasinya sederhana sekalipun tetap bisa tampil dengan baik karena ia memahami cara bicara dengan menggunakan hati, bukan sekadar teori.
 
Oleh sebab itu, penting untuk mengasah kepekaan hati kita, rasa empati terhadap kebutuhan audiens, kenali apa yang diperlukan oleh audiens kita, miliki pengetahuan yang cukup, dan bacalah doa sebelum berbicara di depan umum, yang termaktub dalam ayat quran surah Thoha ayat 25-28:
 
Musa berkata, ‘Robbis rohlii shodrii, wa yassirlii amrii, wahlul ‘uqdatam mil lisaani yafqohu qoulii’ [Ya Rabbku, lapangkanlah untukku dadaku, dan mudahkanlah untukku urusanku, dan lepaskanlah kekakuan dari lidahku, supaya mereka mengerti perkataanku” (QS. Thoha: 25-28)


 
Semoga bermanfaat.
Foto ilustrasi : Google

Yuk, ikutan Tebar Wakaf Qur'an untuk para santri Penghafal Qur'an.
Donasi Rp 100.000,- Disalurkan untuk Lembaga Penghafal Qur'an
Transfer ke Bank BCA 5800.144.096 atas nama Yayasan Insan Media Peduli
Konfirmasi : 0857 1549 5905 (Purnomo)


loading...


Tag :


Mau Berlangganan MAJALAH UMMI CETAK hubungi 081546144426 (bisa via whatsapp).

Komentar

 

 

Top
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});