Tentang Ummi  /   Kontak  /   Iklan  /   Berlangganan  /   Agen
  1. Beranda
  2. /
  3. Hadits
  4. /
  5. Kumpulan Hadits Rasulullah tentang Hujan

   Rubrik : Hadits

Kumpulan Hadits Rasulullah tentang Hujan

  Ditulis Oleh Administrator Dibaca 15760 Kali

Kumpulan Hadits Rasulullah tentang Hujan

Sahabat Ummi, terdapat banyak rezeki yang diturunkan Allah ke dunia termasuk cuaca atau iklim di bumi. Seperti halnya musim kemarau dan musim hujan di Indonesia. Jatuhnya hujan ke dunia bukan semata-mata pengganggu bagi manusia melainkan memberikan banyak manfaat terutama dalam bidang pertanian dan perkebunan dan tentu dalam bidang lainnya. Karena itulah kita harus selalu mensyukuri nikmat yang telah diberikan Allah. Adapun Kumpulan Hadits Rasulullah tentang Hujandiantaranya adalah:

1. Hadits yang diriwayatkan oleh Bukhari

كَانَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِذَا رَأَى نَاشِئاً فِي أُفُقٍ مِنْ آفَاِق السَمَاءِ، تَرَكَ عَمَلَهُ- وَإِنْ كَانَ فِي صَلَاةٍ- ثُمَّ أَقْبَلَ عَلَيْهِ؛ فَإِنْ كَشَفَهُ اللهُ حَمِدَ اللهَ، وَإِنْ مَطَرَتْ قَالَ: “اللَّهُمَّ صَيِّباً نَافِعاً”

“Nabi SAW jika melihat awan yang berkumpul di bagian ufuk langik, maka beliau menghentikan aktifitasnya, bahkan walaupun sedang shalat sunnah. Lalu setelah itu beliau kembali melanjutkan aktifitasnya. Jika awan tersebut berlalu maka beliau mengucapkan hamdalah, dan jika turun hujan maka beliau mengucapkan Allahumma shayyiban naafi’aa.”

كَانَ النَّبِىُّ – صلى الله عليه وسلم – إِذَا رَأَى مَخِيلَةً فِى السَّمَاءِ أَقْبَلَ وَأَدْبَرَ وَدَخَلَ وَخَرَجَ وَتَغَيَّرَ وَجْهُهُ ، فَإِذَا أَمْطَرَتِ السَّمَاءُ سُرِّىَ عَنْهُ ، فَعَرَّفَتْهُ عَائِشَةُ ذَلِكَ ، فَقَالَ النَّبِىُّ – صلى الله عليه وسلم – « مَا أَدْرِى لَعَلَّهُ كَمَا قَالَ قَوْمٌ ( فَلَمَّا رَأَوْهُ عَارِضًا مُسْتَقْبِلَ أَوْدِيَتِهِمْ ) »

“Jika Nabi Shallallahu ‘alaihi wasallam melihat mendung di langit, beliau beranjak kedepan, kedepan atau keluar masuk dan wajahnya berubah. Jika hujan turun, Nabi mulai menenangkan hatinya lalu berkata: Aku tidak mengetahui hal ini seakan inilah yang terjadi pada kaum ‘Aad.”

Ibnu Hajar Al Asqolani mengatakan bahwa Sunnah nabi agar hendaknya ketika ada awan hitam atau mendung yang sangat gelap, maka kita harus menumbuhkan perasaan khawatir bisa jadi ini akan menjadi bencana. Karenanya kita harus menyeimbangkan antara harapan dan kekhawatiran.

اللَّهُمَّ صَيِّباً ناَفِعاً

“Jika Nabi melihat hujan turun maka doanya adalah: Allahumma Shoyyiban naafi’aa yang artinya: Ya Allah jadikanlah hujan ini bermanfaat.”

 

Baca juga: 7 Persiapan Musim Hujan untuk Muslimah

 

2. Hadits riwayat Muslim

“Kami pernah kehujanan bersama Rasulullah, lalu beliau menyingkap bajunya hingga terguyur hujan. Kemudian kami berkata: Wahai Rasulullah kenapa engkau melakukan hal itu? Rasull pun bersabda: Karena hujan ini baru saja diciptakan oleh Allah.”

Ibnu Qudamah dalam Al Mughni mengatakan, ”Dianjurkan untuk berdo’a ketika turunnya hujan, sebagaimana diriwayatkan bahwa Nabi shallallahu ’alaihi wa sallam bersabda,

اُطْلُبُوا اسْتِجَابَةَ الدُّعَاءِ عِنْدَ ثَلَاثٍ : عِنْدَ الْتِقَاءِ الْجُيُوشِ ، وَإِقَامَةِ الصَّلَاةِ ، وَنُزُولِ الْغَيْثِ

“Carilah doa yang mustajab pada tiga waktu yaitu ketika dua pasukan telah berhadapan, ketika menjelang dilaksanakannya shalat wajib antara adzan dan iqomat, dan ketika hujan turun.”

3. Hadits riwayat Hakim

ثِنْتَانِ مَا تُرَدَّانِ الدُّعَاءُ عِنْدَ النِّدَاءِوَ تَحْتَ المَطَرِ

“Ada dua doa yang tidak akan ditolak oleh Allah yaitu setelah adzan dan ketika turun hujan.”

4. Hadits riwayat Bukhari

اللَّهُمّ حَوَالَيْنَا وَلَا عَلَيْنَا,اللَّهُمَّ عَلَى الْآكَامِ وَالْجِبَالِ وَالظِّرَابِ وَبُطُونِ الْأَوْدِيَةِ وَمَنَابِتِ الشَّجَرِ

Doa Rasul ketika hujan turun: “Ya Allah turunkanlah hujan di sekitar kami bukan untuk merusak kami. Ya Allah turunkanlah hujan ke dataran tinggi, bukit, perut lembah dan tempat pepohonan tumbuh.”

Foto ilustrasi: google

Artikel terkait:

3 Amalan yang Bisa Dilakukan Ketika Turun Hujan

Tips Memilih Jas Hujan untuk Anak

8 Buah yang Perlu Dikonsumsi di Musim Hujan

 

Yuk, ikutan Tebar Wakaf Qur'an untuk para santri Penghafal Qur'an.
Donasi Rp 100.000,- Disalurkan untuk Lembaga Penghafal Qur'an
Transfer ke Bank BCA 5800.144.096 atas nama Yayasan Insan Media Peduli
Konfirmasi : 0857 1549 5905 (Purnomo)


loading...


Tag :


Mau Berlangganan MAJALAH UMMI CETAK hubungi 081546144426 (bisa via whatsapp).

Komentar

 

 

Top
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});