Tentang Ummi  /   Kontak  /   Iklan  /   Berlangganan  /   Agen
  1. Beranda
  2. /
  3. Quran
  4. /
  5. Kini Sudah Ada Sembilan Terjemahan Alquran Ke Dalam Bahasa Daerah

   Rubrik : Quran

Kini Sudah Ada Sembilan Terjemahan Alquran Ke Dalam Bahasa Daerah

  Ditulis Oleh Administrator Dibaca 185 Kali

Kini Sudah Ada Sembilan Terjemahan Alquran Ke Dalam Bahasa Daerah
Kini Sudah Ada Sembilan Terjemahan Alquran Ke Dalam Bahasa Daerah

Sahabat Ummi, dalam upaya pemahaman makna dan kandungan Alquran tentunya kita membutuhkan terjemahan. Keragaman bahasa daerah yang dimiliki Indonesia, tidak serta-merta membuat warganya memahami bahasa Ibu. Oleh sebab itu, Kementerian Agama meluncurkan terjemahan Alquran dalam bahasa daerah.

Indonesia memang dikenal sebagai negara yang terdiri dari banyak pulau, beragam suku bangsa dan bahasa dengan mayoritas penduduknya memeluk agama Islam. Kerap kali masyarakat yang tinggal di daerah lokal tidak akrab dengan bahasa Indonesia karena sudah lekat dengan bahasa daerahnya.

Dari keterbatasan tersebut Kementerian Agama berupaya untuk menyesuaikan bahasa dengan menerbitkan terjemahan Alquran dalam bahasa daerah. Di antaranya bahasa Sasak, Makassar, Kaili, Jawa Banyumas, Minang, Dayak, Kanayat, serta tiga terbaru, yaitu  Batak Angkola, Toraja, dan Mongondow yang baru saja diresmikan.

 

Baca juga: Inilah Etika Orang yang Hafal Quran

 

“Terjemahan ini diharapkan bermanfaat bagi masyarakat lokal yang beragama Islam agar punya kesempatan memahami Alquran untuk pedoman hidup keseharian,” ujar Menteri Agama Lukman Hakim kepada mediaindonesia(dot)com, senin (19/12).

Mengutip penelitian Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) dan Pusat Penelitian Kemasyarakatan dan Kebudayaan (P2KK) pada tahun 2013, Lukman menyebutkan bahasa daerah terancam mengalami kepunahan.

Ia berhadap melalui penerjemahan Alquran kedalam banyak bahasa dapat dijadikan sebagai upaya konservasi bahasa daerah. Alquran bahasa daerah disusun tim daerah setempat yang melibatkan ulama, akademisi, pakar bahasa, dan pakar budaya daerah.  

Hani Dwi Putri

 

 

Yuk, jadi ORANGTUA ASUH (OTA) Santri Penghafal Qur'an Askar Kauny! Donasi Rp 150.000,-/bulan Dapat Majalah Ummi (free ongkir)
Transfer ke Bank Muamalat 335-000-9175 a.n. Yayasan Askar Kauny
Konfirmasi ke 0813 8054 4843 : OTA#Nama#AlamatLengkap#No.HP#jumlahtransfer#TanggalTransfer#JamTransfer


loading...


Tag :


Mau Berlangganan MAJALAH UMMI CETAK hubungi 081546144426 (bisa via whatsapp).

Komentar

 

 

Top
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});