Tentang Ummi  /   Kontak  /   Iklan  /   Berlangganan  /   Agen
  1. Beranda
  2. /
  3. Quran
  4. /
  5. Ketika Musibah Hanya Menyisakan 2 Pilihan

   Rubrik : Quran

Ketika Musibah Hanya Menyisakan 2 Pilihan

  Ditulis Oleh Administrator Dibaca 8076 Kali

Ketika Musibah Hanya Menyisakan 2 Pilihan
Ketika Musibah Hanya Menyisakan 2 Pilihan

Sahabat Ummi, pernahkah didera dengan musibah yang terus-menerus? Seolah-olah pribahasa sudah jatuh tertimpa tangga menghampiri hidup kita? 

Terkena penyakit, kekurangan harta benda, masalah keluarga yang pelik, dan berbagai musibah lainnya yang membuat kita bertanya-tanya 'Apa sebenarnya maksud Allah atas semua ini?" 

Tidak perlu terlalu bingung, mungkin lebih dari 80% manusia di dunia ini berada pada kondisi yang sama dengan diri kita, karena faktanya... memang dunia ini tempat yang penuh dengan ujian dan musibah:

"Sungguh Kami akan menguji kalian dengan sebagian rasa takut, rasa lapar, serta kekurangan harta, jiwa, dan buah. Dan berikanlah kabar gembira kepada orang-orang yang sabar.  (yaitu) orang-orang yang apabila ditimpa musibah, mereka mengucapkan: “Inna lillaahi wa innaa ilaihi raaji’uun. Mereka itulah yang mendapat keberkatan yang sempurna dan rahmat dari Tuhan mereka dan mereka itulah orang-orang yang mendapat petunjuk.” ” (QS. Al Baqarah: 155-157)

Sahabat Ummi, jika kita mau meneliti... sangat mungkin setiap musibah yang menimpa seseorang hanya memberikan 2 pilihan: Menjadikannya bertambah dekat dengan Allah, atau justru membuatnya jauh dari Allah. 

 

Baca juga: Inilah Perbedaan Ujian, Musibah dan Azab

 

Lihatlah saudara-saudari kita di Suriah, berbulan-bulan hanya makan rumput, tidak memiliki tempat bernaung, kehilangan sanak keluarga, dan bahkan banyak yang hidup dalam kondisi terluka parah, akan tetapi keimanan mereka menjadikannya semakin dekat dengan Allah atas musibah kemanusiaan yang menimpa diri mereka tersebut. Bagaimana dengan diri kita?

Jika kita mengetahui adanya kompensasi luar biasa dari Allah atas setiap kedukaan yang kita terima, niscaya kita akan berharap musibah mendatangi diri kita setiap harinya:

“Sesungguhnya pahala yang besar itu, bersama dengan cobaan yang besar pula. Dan apabila Allah mencintai suatu kaum maka Allah akan menimpakan musibah kepada mereka. Barangsiapa yang ridha maka Allah akan ridha kepadanya. Dan barangsiapa yang murka, maka murka pula yang akan didapatkannya.” (HR. Tirmidzi, dihasankan al-Albani dalam as-Shahihah [146]).

Kuatkanlah kesabaranmu... sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar. 

Foto ilustrasi: google

 

Yuk, ikutan Tebar Wakaf Qur'an untuk para santri Penghafal Qur'an.
Donasi Rp 100.000,- Disalurkan untuk Lembaga Penghafal Qur'an
Transfer ke Bank BCA 5800.144.096 atas nama Yayasan Insan Media Peduli
Konfirmasi : 0857 1549 5905 (Purnomo)


loading...


Tag :


Mau Berlangganan MAJALAH UMMI CETAK hubungi 081546144426 (bisa via whatsapp).

Komentar

 

 

Top
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});