Tentang Ummi  /   Kontak  /   Iklan  /   Berlangganan  /   Agen
  1. Beranda
  2. /
  3. Parenting
  4. /
  5. Inilah 7 Kiat Islami Merayakan Pergantian Tahun Baru

   Rubrik : Parenting

Inilah 7 Kiat Islami Merayakan Pergantian Tahun Baru

  Ditulis Oleh Administrator Dibaca 7820 Kali

Inilah 7 Kiat Islami Merayakan Pergantian Tahun Baru
Inilah 7 Kiat Islami Merayakan Pergantian Tahun Baru

Sahabat Ummi, tahun baru segera tiba. Alangkah baik bila kita mengisi pergantian tahun baru ini dengan berbagai kegiatan atau aktivitas yang diridai Allah SWT.

Inilah tujuh kiat islami di dalam merayakan pergantian tahun baru.

Kiat pertama

Betapa indah bila malam tahun baru kita bertadarus bersama-sama, setelah itu mengkaji, memahami, dan mengamalkan kandungan ayat suci Alquran yang kita baca. Lebih baik lagi bila kajian ini mendatangkan ulama ahli tafsir.

Kiat kedua

Luangkanlah waktu sejenak di malam pergantian tahun baru untuk mendirikan salat sunah di [qiyaamullail]. Dapat berupa salat sunah syukril wudu, hajat, tahajjud, tasbih, mutlaq, istikarah, dsb. Lanjutkan dengan berdoa untuk kebaikan dan kesejahteraan umat manusia.

Kiat ketiga

Betapa mulia bila detik-detik pergantian tahun baru kita isi dengan mengingat Allah [zikrullah]. Boleh membaca tasbih, tahlil, tahmid, istighfar. Awali tahun baru dengan senantiasa mengingat Allah, agar hari-hari kita indah dan penuh berkah selamanya.

Kiat keempat

Sejenak ambil air wudu, salat dua rakaat, berdoa, mengaji, lalu ambillah pena. Menulislah tentang kebaikan. Menulislah apapun yang dapat mendatangkan kemaslahatan bagi umat manusia. Dengan menulis, Insya Allah, nama kita abadi di sisiNya. Karena tinta ulama [orang berilmu] nanti di akhirat lebih berat timbangannya daripada darah para syuhada.

 

Baca juga: Ketika Umat Islam Merayakan Tahun Baru Masehi

 

Kiat kelima

Malam pergantian tahun baru dapat diisi pula dengan kegiatan membaca dan menghafalkan beragam doa, hadis, sebagian ayat-ayat Alquran beserta kandungan maknanya. Selain itu, membaca Sirah Nabawiyah, para sahabat, dan kisah keteladanan para ilmuwan Islam juga bermanfaat untuk membangkitkan semangat berjuang demi kejayaan dan kebangkitan Islam. Setelah itu, alangkah baik bila dilanjutkan dengan membaca kehidupan serta mengambil hikmahnya, agar kita menjadi manusia bijaksana nan paripurna.

Kiat keenam

Mengunjungi forum pengajian, majelis taklim, panti asuhan, pondok pesantren, atau bersilaturahmi dengan para ulama, guru-guru, atau para sahabat kita juga merupakan perbuatan mulia. Kegiatan bersilaturahmi ini tentunya tidak hanya di akhir atau awal tahun, namun hendaklah dibiasakan.

Kiat ketujuh

Bila memiliki rezeki berlebih, maka malam pergantian tahun baru dapat kita rayakan bersama yatim-piatu, fakir-miskin, atau gelandangan. Kita berbagi kebahagiaan kepada mereka dengan cara membagikan sembako atau pakaian baru. Berdonasi buku atau uang kepada mereka yang memerlukan juga merupakan perbuatan mulia.

Tahun baru adalah momentum untuk mengisi dengan berbagai aktivitas dan kegiatan yang diridai Allah SWT, sehingga hari-hari di dalam kehidupan kita Insya Allah penuh berkah.

Foto ilustrasi: google

Profil penulis:

Dito Anurogo, dokter digital/online, alumnus terbaik Madrasah Takhasusiyah PPMI As-Salaam Sukoharjo, penulis lebih dari 333 artikel dan karya ilmiah terpublikasi dan 18 buku, salah satunya The Art of Medicine [Gramedia, 2016, dipromosikan di Amazon.com], sedang kuliah S-2 Ilmu Kedokteran Dasar Biomedis Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada Yogyakarta. Email ditoanurogo@gmail.com

 

Yuk, ikutan Tebar Wakaf Qur'an untuk para santri Penghafal Qur'an.
Donasi Rp 100.000,- Disalurkan untuk Lembaga Penghafal Qur'an
Transfer ke Bank BCA 5800.144.096 atas nama Yayasan Insan Media Peduli
Konfirmasi : 0857 1549 5905 (Purnomo)


loading...


Tag :


Mau Berlangganan MAJALAH UMMI CETAK hubungi 081546144426 (bisa via whatsapp).

Komentar

 

 

Top
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});