Tentang Ummi  /   Kontak  /   Iklan  /   Berlangganan  /   Agen
  1. Beranda
  2. /
  3. Traveling
  4. /
  5. Inilah 6 Jenis Tempat yang Bisa Menjadi Alternatif Refreshing Bersama Anak

   Rubrik : Traveling

Inilah 6 Jenis Tempat yang Bisa Menjadi Alternatif Refreshing Bersama Anak

  Ditulis Oleh Finastri Annisa Dibaca 3263 Kali

Inilah 6 Jenis Tempat yang Bisa Menjadi Alternatif Refreshing Bersama Anak

Sahabat Ummi, bagi Anda yang memiliki waktu berlibur atau sekedar berjalan-jalan dengan Anak, alangkah baiknya untuk memikirkan tempat yang tepat untuk mengajak Anak Anda. Tempat bermain, berjalan-jalan, atau refreshing bisa membuat anak ketagihan kembali ke tempat tersebut. Untuk itu, pikirlah baik-baik sebelum mengajaknya ke suatu tempat, dan alangkah baiknya jika mengajak anak pada tempat yang sehat, bernilai edukasi, dan aman bagi perkembangan moral nya.

Banyak orang tua yang sering mengajak anaknya ke tempat-tempat hiburan yang kurang bernilai edukatif, jauh dari perkembangan nilai moral, dan lingkungan yang kurang sehat untuk didengar atau dilihat anak. Beberapa sering pula mengajak anak sekedar berjalan-jalan di Mall atau pusat perbelanjaan yang jika dipikir ulang, kurang bernilai bagi anak-anak.

Berikut ini alternatif jenis tempat yang bisa Anda jadikan referensi untuk mengajak anak refreshing atau berjalan-jalan.

  1. Taman bermain

Anda bisa mencari beberapa taman bermain yang ramah lingkungan untuk Anak di alun-alun atau pusat kota daerah Anda. Contohnya sepeti Taman Lalu Lintas yang Ada di Pusat Kota Bandung. Anda bisa mengajak anak bermain di fasilitas yang ada di dalamnya. Seperti Perosotan, Jungkat-Jungkit, Permainan sepak bola mini, sepeda mini, dan lain sebagainya.

Anda pun bisa mencari tempat-tempat bermain anak yang menyediakan fasilitas seperti membuat handcraft, mewarnai, menggambar, atau berkreasi apapun. Dengan begitu, refreshing anak menjadi lebih bernilai edukasi, dan jauh dari kesia-siaan.

 

Baca juga: Wisata ke Tempat Ibadah Non Muslim

 

  1. Toko buku, taman baca, atau perpustakaan daerah

Mengajak anak ke toko buku, taman baca, atau perpustakaan bisa menumbuhkan minat baca anak. Carikanlah buku-buku yang menarik anak, seperti buku yang full colour, penuh gambar, dan memiliki keunikan cerita atau isi.

Jika Anda mengajak ke toko buku, sesekali Anda bisa memintanya untuk memilih buku yang dia senangi dan membelikannya untuk di rumah. Bantulah Anak untuk memilih buku yang tepat, sesuai dengan perkembangan usianya.

Jika Anda pergi ke taman baca dan perpustakaan daerah, Anda bersama pasangan bisa bergantian memilihkan buku dan menceritakannya pada anak dengan menarik. Anda pun bisa beraktivitas bersama anak dengan membaca buku bersama di tempat. Di perpustakaan milik pemerintah di daerah-daerah tertentu biasanya menyediakan ruangan/spot yang di design khusus untuk anak, sehingga anak anak betah dan suka berada di dalamnya.

Dengan begitu, secara tidak langsung Anda telah mengajarkan arti penting membaca dan mengajak anak untuk menyenangi dunia Ilmu. Kelak dia dewasa, kebiasaan membaca dan mencintai ilmu akan terbentuk, karena kita sering mebawanya pada tempat yang penuh ilmu dan pengetahuan yang luas.

  1. Museum

Bagi sebagian orang mengajak anak ke museum mungkin membosankan. Tentu itu bergantung cara kita dalam beraktivitas bersama anak di dalamnya. Untuk menarik minat anak pergi ke museum, Anda bisa menceritakan dulu sebagian sejarah atau kisah yang berhubungan dengan museum yang Anda tuju. Buatlah anak penasaran dan berimajinasi dengan cerita Anda. Saat masuk ke dalamnya, Anda bisa menceritakan ulang, sambil menunjuk benda-benda yang berhubungan dengan sejarah tersebut pada Anak.

Tentunya, Anda pun harus membaca dulu sebelum berkisah pada anak. Dengan aktivitas ini, kita bisa mengajarkan anak untuk senantiasa menghargai sejarah, peran pahlawan terdahulu, dan mengenal bangsa atau dearahnya lebih dekat.

  1. Pusat IPTEK

Mengajarkan anak untuk mencintai ilmu pengetahuan dan dunia penelitian bisa dimulai sejak dini. Mudahnya, Anda bisa mengajak Anak-Anak ke tempat Pusat Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Pusat IPTEK) yang dibuka untuk umum dan anak anak di daerah Anda. Anda bisa mengajak anak bersenang-senang dengan dunia ilmu dan percobaan, sambil membangkitkan nalar kritis dan intelektual anak sejak dini. Anak-anak selalu penasaran dengan hal baru, untuk itu mengajaknya ke tempat seperti ini akan membuat Anak semakin senang dengan ilmu pengetahuan.

  1. Taman kota

Bermain di taman kota pilihan Anda bisa menjadi alternatif refreshing bersama anak. Dengan biaya yang murah tentunya Anda bisa tetap merasakan kebahagiaan bersama keluarga dan Anak. Pilihlah taman kota yang cukup luas, sehingga Anda bisa bermain-main, berlari-lari, atau melakukan permainan mengolah psikomotorik anak. Buatlah kegiatan dengan menyediakan permainan, menyewa sepedah mini untuk anak, atau sekedar berjalan jalan di dalam taman. Anda pun bisa sambil mengenalkan berbagai jenis tumbuhan yang ada di dalamnya.

  1. Kebun binatang

Dunia Hewan bisa menjadi salah satu tempat refreshing yang baik juga untuk Anak. Anda bisa mengenalkan berbagai jenis hewan, manfaatnya, dan dampak yang ditimbulkan jika hewan tersebut punah. Selain itu, aktivitas memberikan makan hewan, berfoto dengan hewan, atau menunggangi hewan-hewan seperti kuda, unta, atau gajah, akan membuat anak Anda menyenangi dunia hewan. Sambil refreshing di kebun binatang, Anda pun bisa sambil menanamkan nilai-nilai Ketuhanan dan Kebesaran Ciptaan Allah pada Anak. Anda bisa mengenalkan bahwa hewan-hewan yang beragam tersebut merupakan karya besar Maha Megah dari Yang Maha Menciptakan, yaitu Allah SWT.

  1.  Tempat outbound

Anda bisa mengajak anak untuk bermain bersama, melatih mental, keberanian, bersosialisasi, dan melatih psikomotoriknya di tempat-tempat outboand. Disana anda bisa bersama bermain dan menemani anak untuk melakukan permainan-permainan menantang, tentunya disesuaikan dengan usia Anak Anda.

Aktivitas outboand biasanya berupa permainan keberanian mental, seperti berjalan di atas tali, menanjak bukit kecil, menunggang kuda, memanah, melompat tali, flying fox, dsb. Atau bisa yang bersifat team work, seperti bekerja sama memindahkan air, memasang tali, berlomba untuk mengumpulkan daun atau barang tertentu di dalam kebun/hutan, dsb.

Tempat-tempat seperti ini biasanya memerlukan kocek yang lumayan. Anda bisa merencakanannya dengan keluarga jauh-jauh hari, agar bisa mempersiapkan keuangan dan waktu yang tepat untuk bisa mengajak anak ke tempat tersebut.

Itulah tempat-tempat yang bisa menjadi alternatif Anda dan Anak kunjungi. Tentunya tempat-tempat tersebut memiliki nilai edukasi dan ramah bagi perkembangan anak Anda. Untuk itu, pikirkanlah dulu sebelum mengajak anak ke suatu tempat, pilihan tempat yang terbaik, akan membawa anak Anda ketagihan melakukan hal-hal positif, ketimbang kegiatan yang sia-sia.

Foto ilustrasi: google

Artikel terkait:

Wisata Kuliner Halal di Granada, Spanyol

3 Tempat Wisata di Kota Padang yang Tak Boleh Terlewatkan

Berkunjung Ke Jogja? Musti Datangi 3 Destinasi Wisata ini

 

Yuk, ikutan Tebar Wakaf Qur'an untuk para santri Penghafal Qur'an.
Donasi Rp 100.000,- Disalurkan untuk Lembaga Penghafal Qur'an
Transfer ke Bank BCA 5800.144.096 atas nama Yayasan Insan Media Peduli
Konfirmasi : 0857 1549 5905 (Purnomo)


loading...


Tag :


Mau Berlangganan MAJALAH UMMI CETAK hubungi 081546144426 (bisa via whatsapp).

Komentar

 

 

Top
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});