Tentang Ummi  /   Kontak  /   Iklan  /   Berlangganan  /   Agen
  1. Beranda
  2. /
  3. Parenting
  4. /
  5. Inilah Kegiatan Bermanfaat Bersama Anak yang Bisa Dilakukan Saat Waktu Luang

   Rubrik : Parenting

Inilah Kegiatan Bermanfaat Bersama Anak yang Bisa Dilakukan Saat Waktu Luang

  Ditulis Oleh Finastri Annisa Dibaca 3660 Kali

Inilah Kegiatan Bermanfaat Bersama Anak yang Bisa Dilakukan Saat Waktu Luang

Sahabat Ummi, di sela-sela kesibukan dan aktivitas keseharian, tentunya ada waktu luang yang tersisa untuk kita. Terkadang, waktu luang sering kita habiskan untuk berjalan-jalan sendiri, berbelanja, atau menghabiskan waktu bersama sahabat atau teman-teman.

Sebagai orang tua, alangkah baiknya jika kita menyempatkan waktu untuk menghabiskan waktu luang bersama anak. Tidak perlu aktivitas yang memerlukan banyak energi, sambil bersantai pun Anda dapat melakukannya. Bukan hanya kebahagiaan dan kebermaknaan yang didapatkan, tetapi aktivitas ini bisa berdampak pada pendidikan karakter anak.

Berikut kegiatan yang bisa Anda lakukan sambil mengisi waktu luang bersama anak, namun kaya manfaat bagi pembangunan karakternya.

1. Bercerita/Mendongeng

Anak-anak pada dasarnya senang mendengarkan cerita, kisah, ataupun dongeng. Anda bisa mengumpulkan buku cerita anak atau mengumpulkannya dari Internet. Anda bisa menyesuaikan cerita dengan usia anak. Pilih cerita yang beragam dan tentunya mengandung nilai moral atau pendidikan agama yang tinggi, sehingga bisa memberikan bekasan pada memori anak tentang hikmah kisah tersebut.

Agar tidak bosan anda bisa mengambil kisah yang beragam, seperti dari Fabel, Cerita Rakyat, Kisah Nabi-Nabi atau Sahabat Rasul, sejarah masa lalu, atau dongeng yang memiliki muatan moral. Pilihlah secara beragam saat Anda akan membacakannya atau menceritakkannya pada Anak. Bisa juga anak sendiri yang memilih judulnya sendiri. Jika Anak sudah mulai bisa membaca, mintalah ia yang membacakannya untuk Anda. Hal ini bisa sekaligus melatih kemampuan berkomunikasi atau bahasanya.  

Jika kebetulan pasangan Anda memiliki waktu luang yang bersamaan, bisa juga bergantian, atau bermain drama berdua, sehingga Anak menyaksikan pertunjukkan langsung dari Ayah dan Ibunya. Selain menambah kehangatan keluarga, hal ini membuat anak memiliki figur langsung pada Orang Tuanya yang sudah mampu membawakan cerita tersebut pada Anak.

 

Baca juga: Kegiatan Menarik Bersama Anak untuk Mengisi Liburan Selama Ramadhan

 

2. Membuat mainan atau kreasi bersama

Jika di rumah Anda banyak terdapat barang-barang bekas, manfaatkanlah untuk menjadikannya mainan daur ulang, yang dibuat bersama Anak di rumah. Buatlah kreasi dan ajaklah anak untuk membuat sekreatif mungkin. Jika anda kurang referensi, anda bisa mencari tutorialnya di Internet atau referensi dari buku-buku. Carilah yang sesuai dengan kesukaan Anak dan tentunya kemampuan yang disesuaikan usia anak.

Anda bisa memanfaatkan kardus bekas untuk membuat pesawat mainan, kereta mainan, atau mungkin berimajinasi membuat rumah-rumahan yang di cat bersama anak, sesuai kreativitasnya. Tidak perlu menilai bagus atau tidaknya, yang terpenting Anak bisa bebas berkreasi sesuai keinginannya.

Atau anda bisa memanfaatkan barang bekas lain seperti botol pelastik, kertas tidak terpakai, koran bekas, dan lain-lainnya untuk membuat tempat pensil, figura foto, atau barnag-barang lainnya yang bisa digunakan.

Selain dari membuat anak kreatif, Anda pun mendidik anak untuk bisa menghargai barang, tidak mudah merengek minta mainan, dan mengajarkan cinta lingkungan. Jangan lupa untuk memberikan pujian dan penghargaan berupa kasih sayang (menciumnya atau memeluknya) sebagai tanda penghargaan kita atas kreasi yang dibuatnya. Agar menambah semangat Anak untuk selalu berkreasi dan lebih kreatif.

3. Melakukan hobi bersama

Jika Anda Hobi berolahraga sesekali bisa mengajak anak untuk ikut pada aktivitas Anda. Kita bisa mengajaknya untuk sekedar melihat, atau mengajarinya olahraga yang kita suka. Tentunya bukan sungguh-sungguh membuatnya terampil, setidaknya dia terbiasa melihat dan merasakan senangnya aktivitas tersebut.

Anda yang suka dengan dunia sains, juga tidak salah jika mengajak anak untuk membuat percobaan-percobaan kecil. Misalnya saja, mengajak anak untuk melihat minyak dan air yang tidak bisa bersatu, melakukan percobaan gunung meletus lewat soda kue, atau percobaan-percobaan kecil lainnya. Hal ini sekaligus melatih anak untuk mencintai dunia penelitian, dan melatih daya nalarnya sejak dini.

Aktivitas memasak, membuat kue, ataupun hobi yang lain bisa anda lakukan bersama anak, tentunya menyesuaikan dengan tingkat usia anak anda. Yang terpenting aktivitas tersebut membuat Anda dan Anak bersama-sama, meluangkan waktu dan perhatian lebih.

4. Bermain games

Games disini bukanlah berarti games yang ada pada gadget Anda! sebisa mungkin usia anak-anak jangan terlalu kita dekatkan untuk banyak bermain gadget atau games. Ajaklah Anak untuk bermain yang banyak melatih kecerdasan sosial, emosional, dan motoriknya. Bermain gadget hanya akan membuat anak terfokus pada dunianya sendiri.

Anda bisa bersama pasangan membuat permainan bersama Anak. Misalnya saja games sederhana, sembunyi benda dan menemukannya. Tunjuklah yang pertama untuk menyembunyikan, misalnya anak Anda. Anda dan Pasangan harus menemukannya dengan waktu tertentu. Disinilah keseruan dan kebahagiaan bersama yang bisa didapatkan. Usahakan menyembunyikan di tempat yang agak jauh, walaupun masih di dalam rumah. Agar bisa berlari ataupun sekedar beraktivitas berjalan cepat. Pemenang tentunya yang berhasil menemukan benda dengan cepat dan sering.

Anda bisa membuat permainan lainnya sesuai kreativitas Anda. Usia anak-anak tentunya usia pertumbuhan, maka lebih baik jika diajak untuk bermain yang mampu mengolah beragam kecerdasannya. Tentunya kreativitas Anda sebagai orang tua lah yang dibutuhkan disini.

Itulah sekilas kegiatan-kegiatan yang bisa membuat waktu luang Anda lebih bermanfaa dan tentunya bermakna. Anak-anak membutuhkan waktu, perhatian, dan kasih sayang kita sebagai orang tua saat mereka tumbuh dewasa. Jangan sampai lewatkan dan sia-siakan sedetik waktu kita, karena tentunya hal tersebut sangat berarti di hadapan anak kita.

Foto ilustrasi: google

Artikel terkait:

Tips Liburan Menyenangkan di Rumah

Tips Mempersiapan Anak Menyambut Ramadhan

Tips Mengecat Rumah yang Menyenangkan Bersama Keluarga

 

Yuk, ikutan Tebar Wakaf Qur'an untuk para santri Penghafal Qur'an.
Donasi Rp 100.000,- Disalurkan untuk Lembaga Penghafal Qur'an
Transfer ke Bank BCA 5800.144.096 atas nama Yayasan Insan Media Peduli
Konfirmasi : 0857 1549 5905 (Purnomo)


loading...


Tag :


Mau Berlangganan MAJALAH UMMI CETAK hubungi 081546144426 (bisa via whatsapp).

Komentar

 

 

Top
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});