Tentang Ummi  /   Kontak  /   Iklan  /   Berlangganan  /   Agen
  1. Beranda
  2. /
  3. Parenting
  4. /
  5. Begini Cara Perhatian pada Anak Walaupun Ibu Bekerja

   Rubrik : Parenting

Begini Cara Perhatian pada Anak Walaupun Ibu Bekerja

  Ditulis Oleh Finastri Annisa Dibaca 19223 Kali

Begini Cara Perhatian pada Anak Walaupun Ibu Bekerja

Sahabat Ummi, pilihan berkarir bukan menjadi suatu hal yang salah bagi seorang Wanita. Tentunya, menjadi bagian dari pembangun bangsa dan agama adalah tugas seluruh manusia, terutama Islam memberikan petunjuk bahwa manusia bertugas menjadi Khalifah di muka bumi, dalam bidangnya masing-masing.

Namun, sebagai wanita karir tentunya bukan menjadi alasan untuk Anda tidak memperdulikan dan mendidik Anak. Adanya pengasuh atau orang yang membantu Anda dalam mengurus anak-anak, tidak berarti tanggung jawab mendidik Anak menjadi milik mereka. Tanggung jawab tersebut tetaplah milik Anda, dan menjadi tugas Anda seumur hidup hingga anak tumbuh dewasa.

Berikut hal-hal yang bisa sahabat Ummi lakukan sebagai Ibu, walaupun memiliki kesibukan berkarir di luar rumah.

  1. Sempatkan waktu minimal 1-2 jam setiap harinya di rumah bersama anak

Jika aktivitas bertemu client, membuat perencanaan kerja, deadline tugas, ataupun rapat kerja bersama pimpinan telah masuk dalam agenda dan jadwal mingguan Anda, jangan lupa untuk memasukkan waktu bercengkrama dengan si kecil setiap harinya.

Menyempatkan waktu minimal 1 sampai 2 jam sehari, namun berkualitas, cukup untuk menjaga hubungan Anda dengan anak. Setidaknya, waktu 1 hingga 2 jam anak dapat bercerita pada Anda tentang kegiatan kesehariannya tadi, menemaninya belajar, atau sekedar bercerita curahan hatinya baik senang ataupun sedih pada Anda. Komunikasi orang tua dengan anak tentunya sangat dibutuhkan, untuk itu jangan sampai lewatkan keseharian anda untuk berkomunikasi dengannya. Walau hanya sekedar mengobrol di kamarnya, saat menjelang tidur atau beristirahat santai.

 

Baca juga: Tips Agar Ibu Bekerja Tetap Sukses Dalam Rumah Tangga

 

  1.  Buat saran kegiatan atau tugas untuk Anak

Jika Anda khawatir dengan kegiatan Anak di saat anda tidak ada, Anda bisa memberikannya saran kegiatan dan tugas untuknya. Bahaslah hasilnya bersama atau apa yang telah dilakukaannya saat Anda pulang bekerja atau saat waktu luang. Hal ini membuat Anda dan Anak akan selalu terhubung walaupun pada aktivitas masing-masing.

Misalnya saja, Anda memberi tugas untuk menonton Film yang anda siapkan untuknya. Pilihkan film yang sesuai dengan usianya dan tentunya memiliki pesan moral yang baik. Mintalah anak ceritakan apa yang telah ditontonnya tersebut pada Anda. Jangan lupa untuk berikan beragam aktivitas atau tugas lain yang tidak membosankan bagi anak. Selain film, anda bisa memberikannya buku cerita, memberikanya lagu, atau permainan baru yang bisa dilakukannya sendiri.

Jangan lupa untuk memberikannya saran dan evaluasi yang membangun, serta apresiasi atas apa yang telah dikerjakannya.

  1.  Hubungi Anak saat waktu Istirahat atau di sela pekerjaan Anda

Tidak ada salahnya di sela waktu istirahat Anda, setelah break shalat, ataupun waktu luang di kantor, untuk menelpon Anak walaupun hanya sebentar. Anda bisa menanyakan kondisi rumah, aktivitasnya saat bermain bersama teman, atau saat sepulang sekolah. Hal ini sangat berarti bagi anak, walaupun Ibu sedang tidak di rumah, namun hubungan dan perhatiannya tetap tercurahkan. Dengan ini Anak tidak akan merasa sendirian, atau merasa jauh dari orang tua. Karena perhatian dan kasih sayang masih tercurah, di sela-sela kesibukan atau aktivitas kita.

  1. Jika Anda memiliki pengasuh, buatlah SOP pekerjaannya dan mengontrolnya

Memiliki pengasuh, bukan berarti tanggung jawab mendidik anak dilimpahkan 100% pada nya. Anda bisa membuat Standart Operasional Kerja sederhana untuk pengasuh Anda dan melakukan kontrol saat Anda pulang kerja. Dengan begitu, Anda tetap bisa mengawasi dan mengkontrol perkembagan Anak Anda walaupun di sela-sela kesibukan berkarir.

Semakin detil standart yang Anda membuat, memudahkan Anda untuk mengkontrol pengasuh dan melihat perkembangan si kecil. Misalnya saja dalam hal makanan, minuman, tontonan, lagu/suara, aktivitas yang bisa dilakukan, dsb. Mintalah pengasuh untuk mendampingi aktivitas, misalnya saja membantu anak untuk menonton film yang kita berikan, buku bacaan, dsb.

Namun, jadikanlah pengasuh si kecil sebagai partner kerjasama Anda yang baik. Jangan pernah berbuat semena-mena, apalagi menganggapnya tidak bisa bertanggung jawab. Dengan kerjasama yang baik, memudahkan Anda untuk bisa mengarahkan pengasuh dalam mengasuh anak Anda.

  1. Buatlah waktu/hari Khusus untuk Anak Anda

Hari libur atau waktu senggng bisa Anda gunakan untuk beraktivitas bersama anak. Buatlah jadwal khusus untuk bersama Anak, atau membuat waktu yang tidak bisa diganggu gugat. Hal ini untuk membuat kita terdorong dan memaksa untuk manajemen waktu yang khusus bersama Anak. Jika tidak, kita akan mudah lalai terhadap waktu. Padahal, usia anak-anak membutuhkan perhatian khusus dan pendampingan akan tumbuh kembangnya.

  1. Bagilah tugas bersama pasangan  

Sebagai orang tua, tentunya tugas mendidik dan mengasuh anak bukan hanya tugas salah satunya (baik ayah ataupun ibu). Untuk itu, Anda bisa membagi tugas, mengatur waktu, dan membagi peran dengan pasangan dalam mendidik Anak. Aturlah dengan baik, dan bagilah tugas sesuai proporsi waktu yang dimiliki. Hal ini agar anak tidak kehilangan sosok salah satu-nya (Ayah/Ibu), dan anak juga bisa merasakan kasih sayang, perhatian, dan pendidikan dari kedua orang tuanya, walaupun tidak selalu harus dalam waktu yang bersamaan.

Dengan Manajemen yang baik, tentunya bukan hanya Karir Anda yang semakin gemilang melainkan Anak-Anak yang tumbuh dengan baik, dan menjadi anak-anak yang terdidik dengan moral yang luhur.

Foto ilustrasi: google

Artikel terkait:

Jangan Bersedih, Inilah Keuntungan Anak yang Memiliki Ibu Bekerja

Ibu Bekerja, Anak Terjaga

Benarkah Anak yang Ibunya Bekerja akan Lebih Sukses di Kemudian Hari?

 

 

Yuk, ikutan Tebar Wakaf Qur'an untuk para santri Penghafal Qur'an.
Donasi Rp 100.000,- Disalurkan untuk Lembaga Penghafal Qur'an
Transfer ke Bank BCA 5800.144.096 atas nama Yayasan Insan Media Peduli
Konfirmasi : 0857 1549 5905 (Purnomo)


loading...


Tag :


Mau Berlangganan MAJALAH UMMI CETAK hubungi 081546144426 (bisa via whatsapp).

Komentar

 

 

Top
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});