Tentang Ummi  /   Kontak  /   Iklan  /   Berlangganan  /   Agen
  1. Beranda
  2. /
  3. Fikih Wanita
  4. /
  5. Ciri-ciri Dukun Berkedok Pengobatan Alternatif yang Harus Dihindari

   Rubrik : Fikih Wanita

Ciri-ciri Dukun Berkedok Pengobatan Alternatif yang Harus Dihindari

  Ditulis Oleh Administrator Dibaca 1212 Kali

Ciri-ciri Dukun Berkedok Pengobatan Alternatif yang Harus Dihindari
Ciri-ciri Dukun Berkedok Pengobatan Alternatif yang Harus Dihindari

Sahabat Ummi, tentu kita tidak mau mencampuradukkan keimanan dengan perbuatan syirik, sekalipun dalam kondisi lemah karena diuji dengan penyakit parah. Sayangnya, saat ini di masyarakat banyak beredar pengobatan alternatif yang sebenarnya dilakukan oleh dukun dibantu para jin peliharaannya. Na'udzubillah min dzalik... jangan sampai kita dan keluarga terjeblos dalam kubang syirik, berikut ini ciri-ciri dukun berkedok pengobatan:

1. Mengetahui penyakit dengan sangat detil tanpa disebutkan penyakitnya dan tanpa memeriksa sama sekali

Memang benar ada metode mendeteksi penyakit lewat mata, tangan, atau lidah, sehingga tidak perlu melakukan periksa darah dan metode medis lainnya untuk mendiagnosa penyakit. Akan tetapi jika ada seseorang yang mengetahui penyakit dengan begitu detil tanpa melakukan pemeriksaan sama sekali, bahkan sampai tahu tekanan darah, kadar gula darah, padahal tidak bertanya atau memeriksa sejengkal pun, tentu perlu dicurigai.

Para dukun sering melakukan hal ini dalam rangka membuat kagum pasiennya. Pasien tentu berharap bisa mendapatkan obat atau terapi yang tepat dari orang yang tahu sekali detil penyakit mereka tanpa menyadari bahwa barangkali ada bantuan jin dari hal tersebut.

2. Meminta persyaratan aneh-aneh

Minta kita membeli binatang tertentu seperti ayam, kambing, atau hewan lainnya dengan alasan untuk memindahkan penyakit pasien ke badan hewan tersebut.

Ada juga dukun yang menyembelih hewan tanpa menyebut nama Allah lalu menyuruh pasien memakannya atau ada bagian tubuh hewan tersebut yang dijadikan jimat. Atau bisa juga mensyaratkan pasien untuk menyendiri di tempat tertentu pada waktu tertentu. Intinya... persyaratan yang aneh dan tak ada hubungan logis dengan penyakit yang diderita pasien

3. Menggunakan rajah atau jimat lainnya

Sering kali dukun berkedok pengobatan alternatif memberikan oleh-oleh khusus yang katanya bisa digunakan untuk pengobatan, yakni berupa jimat atau rajah.

Tulisan dengan huruf Arab belum tentu penggalan dari ayat quran lho, maka jangan sembarangan menerima jimat berupa tulisan Arab dengan alasan untuk pengobatan, bisa jadi itu adalah rajah... yang merupakan bagian dari perbuatan syirik.

”Barangsiapa menggantungkan jimat (tamimah), maka dia telah berbuat syirik” (HR. Ahmad 4:156. Dinilai shahih oleh Syaikh Albani dalam Silsilah Ash-Shahihah no. 492)

4. Menanyakan atau meminta hal yang tak berkaitan dengan pengobatan

Misalnya menanyakan nama ibu atau bapak kandung, meminta pakaian pasien, handuk, atau barang lainnya milik pasien.

Demikianlah beberapa hal yang perlu diwaspadai ketika kita mencoba pengobatan alternatif. Jangan sampai malah terjerumus dalam kesyirikan.


Yuk, ikutan Tebar Wakaf Qur'an untuk para santri Penghafal Qur'an.
Donasi Rp 100.000,- Disalurkan untuk Lembaga Penghafal Qur'an
Transfer ke Bank BCA 5800.144.096 atas nama Yayasan Insan Media Peduli
Konfirmasi : 0857 1549 5905 (Purnomo)


loading...


Tag :


Mau Berlangganan MAJALAH UMMI CETAK hubungi 081546144426 (bisa via whatsapp).

Komentar

 

 

Top
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});