Tentang Ummi  /   Kontak  /   Iklan  /   Berlangganan  /   Agen
  1. Beranda
  2. /
  3. Motivasi
  4. /
  5. Cara Meraih Husnul Khotimah

   Rubrik : Motivasi

Cara Meraih Husnul Khotimah

  Ditulis Oleh Administrator Dibaca 8173 Kali

Cara Meraih Husnul Khotimah
Cara Meraih Husnul Khotimah

Sahabat Ummi, mati dengan keadaan baik menjadi keinginan semua umat Islam di muka bumi ini. Siapa yang tidak tertarik dengan ganjaran surga yang Allah tawarkan? Siapa yang tidak tergoda dengan ajakan berkumpul bersama orang-orang sholeh di surga nanti?

Lalu, apa yang bisa kita lakukan untuk mendapatkan akhir yang baik (husnul khotimah) nantinya?

1.  Sholat tepat waktu

Sahabat Ummi, sebagai umat Rasulullah kita hanya diwajibkan menunaikan sholat sebanyak 5x sehari. Sudahkah kita melakukannya tepat waktu? “Malas ah, nanti saja,” atau “Waktunya kan masih lama, santai saja,” ungkapan-ungkapan ini mungkin sering kita lontarkan secara sadar maupun tidak. Padahal, siapa yang tahu jika hidup kita bisa bertahan sampai berapa lama. Tidak ada yang tahu umur kita akan sampai pada waktu sholat berikutnya atau tidak, kan?

Untuk meraih husnul khotimah, kebiasaan menunda sholat wajib harus ditinggalkan secepat mungkin. Salah satu alasannya, kita tidak tahu bisa hidup sampai kapan di dunia ini. Jika kita hidup dalam keadaan tubuh yang belum menunaikan sholah fardhu, alangkah ruginya hidup kita ini.

 

2.  Mengerjakan amal sholeh

Sahabat Ummi, mengerjakan amal sholeh tidak hanya sebatas menjaga hubungan kita dengan Allah, Sang Pencipta. Kita juga harus menjalin hubungan erat dengan sesama manusia. Menjadi manusia berguna bagi lingkungan dan menjaaga hubungan baik, jangan sampai perilaku kita menyakiti orang lain. Karena kita tidak tahu umur yang Allah berikan akan berakhir kapan. Jika kita masih sibuk berkonfrontasi dengan tetangga, mereka tidak ridho, dan kita meninggal dalam keadaan mereka benci dan sakit hati pada kita, wah alangkah mengerikannya.

“Orang yang cerdas ialah orang yang menahan hawa nafsunya dan berbuat (amal sholeh) untuk (bekal) kehidupan setelah mati.” (HR. Turmudzi).

 

3.  Manfaatkan waktu sebaik mungkin

Waktu yang kita miliki sama setiap hariny, 24 jam, tapi ada yang bisa menghasilkan banyak pekerjaan produktif, ada juga yang selalu menyalahkan waktu karena merasa kekurangan.

Ada baiknya kita mulai membenahi diri dengan memanfaatkan waktu dan menyiapkan diri menghadapi kematian. Kita juga harus memastikan keyakinan kita kepada Allah berada pada tempatnya dan tidak ada keraguan akan hal itu.

 

4.  Jangan meremehkan dosa-dosa kecil

Sahabat Ummi, kadang kita tidak sadar saat membuang kulit pisang di jalanan. Ah, Cuma kulit pisang ini apa ruginya? Eits jangan salah, bisa jadi kulit pisang kita menimbulkan bencana bagi pengguna jalan lainnya. Makanya, untuk mendapatkan husnul khotimah, kita dilarang untuk berleha-leha dan menganggap sepele dosa-dosa kecil seperti itu.

 

5.  Selalu berdzikir kepada Allah

Dengan mengingat Allah dalam setiap langkah kita, kehidupan yang aman dan tentram akan kita dapatkan secara cuma-cuma. Selain itu, jika kita terbiasa mengingat Allah dalam setiap kesempatan dan membawanya hingga akhir hayat, insyaaalloh akhir yang baik lebih mudah kita dapatkan.

 

Referensi : Berbagai sumber

Foto ilustrasi : Google

Nidaul Fauziah

Yuk, jadi ORANGTUA ASUH (OTA) Santri Penghafal Qur'an Askar Kauny! Donasi Rp 150.000,-/bulan Dapat Majalah Ummi (free ongkir)
Transfer ke Bank Muamalat 335-000-9175 a.n. Yayasan Askar Kauny
Konfirmasi ke 0813 8054 4843 : OTA#Nama#AlamatLengkap#No.HP#jumlahtransfer#TanggalTransfer#JamTransfer


loading...


Tag : hadist quran


Mau Berlangganan MAJALAH UMMI CETAK hubungi 081546144426 (bisa via whatsapp).

Komentar

 

 

Top
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});