Tentang Ummi  /   Kontak  /   Iklan  /   Berlangganan  /   Agen
  1. Beranda
  2. /
  3. Finance
  4. /
  5. Cara Mengenali Kebutuhan dan Keinginan Agar Keuangan Keluarga Terjaga

   Rubrik : Finance

Cara Mengenali Kebutuhan dan Keinginan Agar Keuangan Keluarga Terjaga

  Ditulis Oleh Administrator Dibaca 4849 Kali

Cara Mengenali Kebutuhan dan Keinginan Agar Keuangan Keluarga Terjaga
Cara Mengenali Kebutuhan dan Keinginan Agar Keuangan Keluarga Terjaga
Sahabat Ummi, banyak yang terjebak... tidak bisa mengenali mana yang kebutuhan dan mana yang hanya keinginan. Beli ini beli itu karena merasa butuh, padahal sebenarnya tidak. 
 
Ketidakmampuan membedakan keinginan dan kebutuhan inilah yang membuat uang bulanan mudah habis, kepala mudah pusing karena stres, utang membengkak, dan hubungan dengan orang-orang sekitar memburuk. 
 
Tahukah bagaimana cara termudah mengenali kebutuhan dan keinginan agar keuangan keluarga terjaga? 
 
Yakni dengan mempertanyakan apakah tanpa hal tersebut kita bisa terus menjalankan aktivitas tanpa gangguan? Jika ya, maka itu bukanlah kebutuhan... hanya sekadar keinginan. 
 
Contoh, kita perlu makan, tapi makan apakah? Ada banyak pilihan,  dari mulai kelas warteg, warung nasi padang, sampai masak sendiri di rumah. Nah, ketika kita menginginkan makanan mahal dan berkelas... kita bisa mempertanyakan apakah sebenarnya betul-betul butuh makanan tersebut, atau hanya keinginan nafsu belaka? 
 
Contoh lain ketika anak-anak minta beli sepatu atau mainan, tanyakan pada mereka apakah memang membutuhkan hal tersebut atau sebenarnya tidak kenapa-napa jika tidak memilikinya? 
 
Ada yang butuh mobil, tapi inginnya mobil branded dan mewah, nah... kalau ia menyadari bahwa kebutuhannya hanya sekadar mobil... semestinya ia bisa menahan diri dari keinginan memiliki mobil mewah dan mahal. 
 
Semakin mampu mengendalikan nafsu, in syaa Allah hidup kita akan semakin sederhana dan bahagia. Semakin sulit mengendalikan nafsu, ingin ini ingin itu, hidup kita akan makin rumit dan sulit menemukan makna bahagia hakiki. Wallaahualam. Semoga bermanfaat. 

Yuk, ikutan Tebar Wakaf Qur'an untuk para santri Penghafal Qur'an.
Donasi Rp 100.000,- Disalurkan untuk Lembaga Penghafal Qur'an
Transfer ke Bank BCA 5800.144.096 atas nama Yayasan Insan Media Peduli
Konfirmasi : 0857 1549 5905 (Purnomo)


loading...


Tag :


Mau Berlangganan MAJALAH UMMI CETAK hubungi 081546144426 (bisa via whatsapp).

Komentar

 

 

Top
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});