Tentang Ummi  /   Kontak  /   Iklan  /   Berlangganan  /   Agen
  1. Beranda
  2. /
  3. Finance
  4. /
  5. Cara Cerdas Mengelola Rumah, Walau Ruangan Terbatas

   Rubrik : Finance

Cara Cerdas Mengelola Rumah, Walau Ruangan Terbatas

  Ditulis Oleh Administrator Dibaca 1428 Kali

Cara Cerdas Mengelola Rumah, Walau Ruangan Terbatas
Cara Cerdas Mengelola Rumah, Walau Ruangan Terbatas

Sahabat Ummi, memiliki rumah yang luas serta didekorasi dengan baik dan menarik merupakan impian setiap orang. Tetapi bagaimana dengan rumah yang memiliki ruang terbatas? Rumah dengan ruangan yang terbatas tentunya tidak bisa sembarang dalam menata dan mendekorasinya. Meski begitu, bukan tidak mungkin rumah yang minimalis atau memiliki ruang terbatas dapat terlihat cantik dan memberi kesan menarik. Berikut cara cerdas mengelola atau mendekor rumah meski dengan ruangan yang terbatas.

  1.   Gunakanlah nuansa warna terang

Salah satu solusi cerdas cara mengelola rumah meski dengan ruangan terbatas adalah dengan pemilihan warna interior.  Cobalah menggunakan nuansa warna interior yang terang. Ruangan yang terbatas atau sempit akan terasa lebih luas jika menggunakan warna cat dinding yang terang. Ruangan yang terbatas membuat pandangan menjadi terbatas, dengan menggunkan cat dinding berwarna terang dapat membuat segalanya terlihat lebih jelas.

Selain itu, , disarankan untuk menggunakan warna-warna netral seperti kuning gading, krem, abu-abu muda, atau putih. Penggunaan varian warna cat dinding atau interior yang bukan earth color kurang disarankan, kecuali jika terdapat pencahayaan yang tepat sehingga tetapi membuat mata nyaman saat memandang. Jangan lupa juga  untuk menggunkan interior atau aksesoris dengan nuansa natural seperti warna hijau, merah merona, ataupun biru untuk membuat suasana dalam ruangan terkesan menyegarkan.

  1.   Menggunakan material kayu pada pintu serta plafon yang tinggi

Dalam memberikan kesan rumah yang terasa luas meski dengan ruangan yang terbatas,  dapat mengelola rumah dengan bangunan plafon yang dibuat meninggi serta dinding yang dicat warna putih di satu sisi. Selian itu, penggunaan material kayu lembut baik pada dinding maupun pintu masuk rumah dapat memberikan nuansa terang yang membuat ruangan tampak elok.

  1.   Hindarilah pembatasan ruangan yang berlebihan

Membuat batas antar ruangan pada ruangan terbatas akan membentuk konsep desain minimalis. Ketika konsep tersebut yang diangkat maka, perlu diingat bahwa pembatas antar ruangan sangat perlu diperhatikan. Pembatas ruangan yang digunakan secara berlebihan akan membuat kesan ruangan menjadi sempit. Solusinya adalah, dengan menjadikan satu beberapa ruangan tanpa disekati dinding dan diganti dengan perabotan yang memiliki fungsi sama, yakni sebagai pembatas.

  1.   Gunakanlah cermin

Cermin bukan hanya digunakan untuk melihat penampilan atau berkaca, tetapi juga dapat digunakan untuk menyiasati agar ruangan yang terbatas memilki kesan yang lebih luas. Semakin besar ukuran cermin tersebut maka akan semakin baik. Mengapa demikian? Hal ini karena cermin memiliki sifat memantulkan bayangan yang akan membantu menciptakan ilusi optic, sehingga membuat ruangan seolah-olah bertambah besar.

  1.   Furniture yang besar

Salah satu ruangan terbatas yang dapat dikelola selanjutnya adalah ruang tamu. Ruang tamu merupakan ruangan yang sebagian besar dugunakan pula sebagai ruang keluarga. Ruangan terbatas yang memiliki fungsi banyak ini menjadikan prioritas interiornya sebagai yang utama. Oleh karena itu mengatasinya dapat menggunakan sofa yang besar, empuk dan nyaman, sehingga mampu menampung anggota keluarga dan juga tamu keluarga besar lainnya. Meskipun begitu,  tentu perlu memperhatikan ukuran sofa yang disesuaikan dengan ruangan terbatas tersebut. Disarankan untuk memilih satu buah 3-seater bernuansa netral dan satu ottoman telah cukup memenuhi kebutuhan ruangan. Selain itu, dapat juga menyiapkan satu buah karpet yang ukurannya disesuaikan selera dan ruangan, serta dipercantik dengan beberapa bantal besar sebagai tambahan. (Fikriah NurJannah)

Sumber : rockingmama(dot)id, homify(dot)co(dot)id, uprint(dot)id
Ilustrasi: Google

 

Yuk, ikutan Tebar Wakaf Qur'an untuk para santri Penghafal Qur'an.
Donasi Rp 100.000,- Disalurkan untuk Lembaga Penghafal Qur'an
Transfer ke Bank BCA 5800.144.096 atas nama Yayasan Insan Media Peduli
Konfirmasi : 0857 1549 5905 (Purnomo)


loading...


Tag :


Mau Berlangganan MAJALAH UMMI CETAK hubungi 081546144426 (bisa via whatsapp).

Komentar

 

 

Top
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});