Tentang Ummi  /   Kontak  /   Iklan  /   Berlangganan  /   Agen
  1. Beranda
  2. /
  3. Finance
  4. /
  5. Bunda yang Ingin Memulai Bisnis, Perhatikan 5 Hal Ini

   Rubrik : Finance

Bunda yang Ingin Memulai Bisnis, Perhatikan 5 Hal Ini

  Ditulis Oleh Administrator Dibaca 2424 Kali

Bunda yang Ingin Memulai Bisnis, Perhatikan 5 Hal Ini
Bunda yang Ingin Memulai Bisnis, Perhatikan 5 Hal Ini
Sahabat Ummi ada yang ingin memulai bisnis? Penting sekali untuk memperhatikan 5 hal ini agar tidak kehilangan banyak modal, tenaga, pikiran:
 
1. Perhatikan produk bisnis yang ingin dijalani
 
Produknya siapa yang buat? Bunda sendirikah yang memproduksi? Atau memakai sistem dropship? Atau menjualkan produk orang lain yang sudah dibayar terlebih dulu?
 
Jika Bunda sendiri yang memproduksi barangnya, pastikan sudah melakukan tes pasar dan tes produk terlebih dahulu. Misalnya ingin menjual kue kering. Coba jual dalam jumlah terbatas terlebih dulu, minta masukan dari orang sekitar apakah sudah layak untuk dijual. Jangan lupa juga mengurus packaging.
 
Jika Bunda memakai sistem dropship, pastikan supplier adalah orang yang amanah dan bisa dipercaya. 
 
Jika menjadi reseller, coba dalam jumlah kecil dulu untuk tes selera pasar, produk jenis mana yang lebih diminati oleh pasar. Jangan sampai sudah keluar modal besar, ternyata salah pilih jenis.
 
2. Perhatikan kesulitan apa saja yang mungkin akan ditemukan
 
Buatlah daftar kesulitan apa saja yang kira-kira akan ditemukan dalam perjalanan bisnis Bunda. Terutama di awal-awal. Misalkan, jika Bunda ingin bisnis laundry, kira-kira kesulitan inilah yang akan ditemukan: Kendala jika mati listrik dalam waktu lama, kendala jika hujan dalam jangka panjang, kendala baju tertukar, kendala harga detergen meningkat. Dll.
 
Dengan menuliskan daftar kesulitan, Bunda bisa mempersiapkan diri untuk mengantisipasi kendala tersebut, bagaimana cara menghandlenya.
 
3. Perhatikan SDM yang diperlukan
 
Cukupkah jika Bunda sendiri yang menghandle bisnis tersebut? Apakah akan membuat waktu ekslusif untuk si kecil terganggu? Jika mengambil orang lain sebagai asisten menjalankan bisnis, pastikan dari kalangan terpercaya, karakternya bertanggungjawab, dan tentu saja masuk hitungan gajinya. Jangan sampai tekor karena salah perhitungan.
 
4. Perhatikan pesaing di bisnis serupa
 
Adakah pesaing di bisnis ini? Apa yang membuat bisnis kita berbeda dan lebih unggul dari pesaing? Kita harus membuat diferensiasi atau perbedaan yang signifikan antara produk kita dengan pesaing. Hal ini akan membuat konsumen tetap menaruh hati pada produk kita sekalipun ada banyak pesaing.
 
5. Inovasi dan pelayanan
 
Zaman sekarang costumer jadi lebih 'bawel' dan ingin dilayani dengan baik. Maka pastikan Bunda memiliki pelayanan terbaik serta inovasi produk yang terus-menerus ditawarkan.
 
Selamat memulai bisnis sendiri. Sesungguhnya rasullulah dan para sahabat banyak yang menjadi pebisnis sukses. Jadilah pebisnis yang amanah dan islami.

Yuk, ikutan Tebar Wakaf Qur'an untuk para santri Penghafal Qur'an.
Donasi Rp 100.000,- Disalurkan untuk Lembaga Penghafal Qur'an
Transfer ke Bank BCA 5800.144.096 atas nama Yayasan Insan Media Peduli
Konfirmasi : 0857 1549 5905 (Purnomo)


loading...


Tag :


Mau Berlangganan MAJALAH UMMI CETAK hubungi 081546144426 (bisa via whatsapp).

Komentar

 

 

Top
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});