Menyusui Hanya dari Sebelah Payudara

24 Mei 2013 | Dibaca : 15465 Kali | Rubrik : ASI
Sample Image

Bu Ira, bayi saya berumur 3 bulan. Saya memberinya ASI eksklusif. Namun, saya menyusui hanya dari payudara sebelah kanan, sementara yang sebelah kiri putingnya masuk ke dalam. Waktu anak pertama—sekarang usianya 7 tahun—saya juga menyusui dari payudara sebelah kanan saja dengan alasan yang sama.

Sekarang ini payudara sebelah kiri sering mengeluarkan air susu. Saya jadi ingin menyusui dari payudara sebelah kiri juga. Terlambatkah saya kalau ingin memberi ASI dari payudara sebelah kiri? Apa saja yang harus saya siapkan sebelum memberi ASI dari payudara sebelah kiri tersebut?

 

NITA, CIKARANG

 

 

 

Ibu Nita yang baik, alhamdulillah, Ibu sudah berkomitmen tinggi untuk menyusui. Sayang Ibu tidak memberitahukan alasan kenapa Ibu hanya menyusui dari payudara sebelah kanan. Bisa jadi karena memang bayi Ibu lebih suka yang sebelah kanan. Kenyataannya, memang banyak bayi yang memiliki payudara favorit. Namun demikian, ini tidak bisa dituruti begitu saja karena beberapa alasan berikut:

1. ASI optimal. Menyusui harus berimbang untuk produksi ASI yang optimal. Jika hanya satu payudara yang berfungsi, maka jumlah produksi ASI yang dihasilkan akan sedikit.

2. Kesehatan ibu. Semakin lama ibu menyusui, semakin kecil risiko terkena kanker payudara. Jika menyusui hanya dari salah satu payudara, maka payudara yang tidak digunakan untuk menyusui akan kehilangan kesempatan dalam mengurangi risiko kanker ini.

3. Keindahan. Ketika masa penyusuan berakhir, maka payudara yang tidak digunakan untuk menyusui cenderung berukuran lebih kecil daripada yang sering digunakan menyusui. Akhirnya, payudara menjadi tidak simetris.

 

ASI dari payudara sebelah kiri dapat dipulihkan dan digunakan untuk menyusui. Syaratnya, hanya sabar. Sebab, perlu waktu setidaknya 4 minggu untuk dapat berproduksi normal.

Ini cara yang bisa Ibu lakukan untuk "mengaktifkan" payudara sebelah kiri Ibu:

>> Persiapkan ASI dari sebelah kanan dalam cangkir dan sendok.

>> Saat menyusui, susui bayi dari payudara sebelah kiri yang telah diolesi ASI.

>> Saat bayi mengisap payudara sebelah kiri, tuangkan ASI sesendok demi sesendok (dapat dilakukan oleh anggota keluarga yang bersedia membantu).

>> Setiap menyusui, selalu mulai dari yang kiri.

 

Pada awal melakukannya, mungkin bayi akan rewel. Namun, bagaimanapun payudara perlu diisap sesering mungkin agar dapat kembali memproduksi ASI dalam jumlah cukup. Karena itu, kesabaran Ibu dan dukungan angggota keluarga lain mutlak diperlukan.

Artikel ini bermanfaat berbagi dengan sahabat Anda


Berlangganan MAJALAH UMMI CETAK hubungi 081546144426 (whatsapp)
Berlangganan WEB MAJALAH UMMI masukkan email Anda, lalu kllik Subscribe


Komentar Anda


Copyright © 2010 - 2015 Ummi Online All rights reserved.
Jl. Mede No 42 Utan Kayu Jakarta Timur. Email: majalah_ummi[at]yahoo.com