Alat Kontrasepsi Bikin Kulit Cantik?

Senin, 13 Mei 2013 WIB |
2122 kali | Kategori: Kecantikan


Dokter Dewi, benarkah KB jenis IUD bisa membuat pemakainya tambah cantik?

 

IKA, KUDUS

 

Ibu Ika yang baik, KB IUD (Intra Uterine Device) merupakan alat kontrasepsi berbentuk spiral yang dimasukkan ke dalam rahim supaya tidak terjadi pembuahan. Pada umumnya IUD terbuat dari plastik, logam, atau kombinasi keduanya. Di ujung alat tersebut biasanya ada logam khusus untuk mematikan sperma. Pemasangannya disesuaikan ukurannya dengan rahim masing-masing. Namun, penggunaan IUD tidak berpengaruh pada kulit.

Selama ini yang dianggap memiliki efek pada kecantikan kulit adalah kontrasepsi jenis pil dan suntik karena mengandung hormon esterogen dan progesteron. Hormon-hormon ini dibuat dari hewan atau tumbuhan. Sekarang juga bisa dibuat secara sintesis.

Yang perlu diingat, efek penggunaan alat kontrasepsi itu pada tiap orang tidaklah sama. Ada pemakainya yang semula berjerawat, tapi setelah mengonsumsi pil KB kulitnya menjadi lebih bersih. Namun, sebaliknya, ada pula yang makin berjerawat. Semuanya tergantung pada kondisi hormon dalam dirinya.

Pil KB pun memiliki kadar estrogen dan progesteron yang berbeda-beda. Bila kadar estrogen dalam pil KB lebih tinggi, biasanya jerawat si pemakai akan berkurang. Sementara bila kadar progesteronnya yang lebih tinggi, malah memicu tumbuhnya jerawat atau jerawatnya tambah banyak. Progesteron ini juga membuat nafsu makan bertambah, tidur nyenyak, dan air tertahan dalam tubuh, sehingga menimbulkan kegemukan.

Karena itu, saya sarankan, jangan asal mengonsumsi pil KB. Konsultasikan dulu kepada dokter atau bidan, sebab penggunaannya harus disesuaikan dengan kondisi tubuh, seperti usia, kondisi hormon dalam tubuh, dan sebagainya. Apalagi untuk kondisi tertentu, misalnya bagi orang yang memiliki tipe darah mudah menggumpal, penderita hipertensi dan kanker payudara, penggunaan pil KB tidak dianjurkan karena akan memperparah penyakitnya.     

 

 


Redaksi Ummi-Online.com.
Jl. Mede No 42 Utan Kayu Jakarta Timur. Email: majalah_ummi[at]yahoo.com
Kontak Kami | Info Berlangganan | Info Iklan | Daftar Agen | Facebook | Twitter