ASI Tak Keluar

03 Mei 2013 | Dibaca : 2741 Kali | Rubrik : ASI
Sample Image

Bu Ira, anak kedua saya berusia 4 bulan. Tapi saya sedih karena ASI saya tidak keluar lagi. Padahal, saya sudah usahakan minum madu ibu menyusui, minum pil pelancar ASI, makan katuk, dan sebagainya. Apakah ini disebabkan saya tak langsung menyusui sesaat setelah melahirkan (saya menyusui setelah 4 hari persalinan)? Bagaimana agar ASI saya bisa keluar lagi?

 

IIN NURAINI, BOGOR

 

Saya menduga, bayi Ibu diberi susu formula juga selain ASI. Jika benar, tentu saja ASI lambat laun berhenti. Jika diberi susu formula (apalagi melalui botol), bayi akan cenderung menyukai susu formula karena rasa yang manis, juga karena susu lebih cepat keluar dibandingkan ASI. Sementara ASI, karena merupakan proses hormonal, perlu beberapa menit sebelum terasa mengalir.

Jika bayi lebih suka susu formula, maka ia akan cenderung kurang bergairah saat mengisap ASI. Akibat kurangnya isapan, maka jumlah produksi ASI pun berkurang. Semakin banyak jumlah isapan, semakin banyak produksi ASI. Sebaliknya, semakin sedikit jumlah isapan, semakin kecil juga jumlah produksi ASI. 

Artikel ini bermanfaat berbagi dengan sahabat Anda

Berlangganan MAJALAH UMMI CETAK hubungi 081546144426 (whatsapp)
Berlangganan WEB MAJALAH UMMI masukkan email Anda, lalu kllik Subscribe



Komentar Anda


Copyright © 2010 - 2015 Ummi Online All rights reserved.
Jl. Mede No 42 Utan Kayu Jakarta Timur. Email: majalah_ummi[at]yahoo.com