Pinjam Uang dari Bank Konvensional

Senin, 25 Maret 2013 WIB |
1198 kali | Kategori: Keuangan


Pak, saya butuh tambahan modal untuk usaha dan ingin pinjam dari bank. Karena di tempat saya belum ada bank syariah, terpaksa saya pinjam dari bank konvensional. Apakah ini berarti saya ikut praktik riba? Bagaimana solusinya?

 

Yanti, via SMS

 

Jawaban

Alhamdulillah usaha Ibu Yanti sudah makin maju. Semoga tambahan modal ini bisa semakin mengembangkan usaha Ibu sehingga bisa memutar roda ekonomi, memenuhi kebutuhan pelanggan, dan menambah karyawan.

Bu, yang haram dan yang halal sudah jelas. Bahwa bank konvensional itu haram, dan bank syariah itu halal sudah jelas fatwanya dari Majelis Ulama Indonesia sebagai lembaga pemberi fatwa. Jadi saya rasa tidak perlu kita ragukan lagi.

Sekarang, yang perlu kita lakukan adalah mencari solusi agar tidak terjerumus ke dalam transaksi ribawi. Saya punya beberapa usulan yang mungkin bisa dipertimbangkan:

a. Dalam memberikan pembiayaan, bank tidak dibatasi oleh domisili. Bank di Jakarta pun bisa memberi pembiayaan untuk usaha yang ada di Kalimantan, misalnya.Artinya, Anda bisa mencari bank syariah di kota lain untuk membiayai usaha Anda.

b. Beberapa cabang bank konvensiona, membuka layanan channeling, yaitu melayani transaksi syariah di bank konvensional. Untuk itu, mereka akan menempatkan staf khusus yang memberi layanan perbankan syariah dan mendapatkan izin dari otoritas.

Bank konvensional yang melayani layanan syariah biasanya memasang logo “iB” di kantor cabangnya. Jika ada logo itu, artinya mereka bisa membantu Anda untuk mendapatkan layanan syariah walaupun berada di kantor cabang konvensional. Sekarang ini rasanya kantor cabang bank syariah atau kantor cabang bank konvensional yang menerima layanan syariah sudah ada di hampir seluruh kota di Indonesia.

c. Anda bisa mempertimbangkan untuk memperoleh suntikan modal dari investor non perbankan, dengan skema yang tidak melanggar aturan syariah. Kalau memang usaha yang Anda geluti prospeknya bagus dan dijalankan secara profesional, tentunya akan banyak investor yang tertarik untuk mendanai usaha Anda.

 

 


Redaksi Ummi-Online.com.
Jl. Mede No 42 Utan Kayu Jakarta Timur. Email: majalah_ummi[at]yahoo.com
Kontak Kami | Info Berlangganan | Info Iklan | Daftar Agen | Facebook | Twitter