Amankah Kopi untuk Ibu Menyusui?

28 Desember 2012 | Dibaca : 4852 Kali | Rubrik : ASI
Sample Image

Bu Ira, amankah kebiasaan mengonsumsi kopi bagi ibu yang sedang menyusui ASI eksklusif? Apakah bisa berefek buruk bagi bayi yang disusui?

 

Ririn, via sms

 

Jawaban

Ibu Ririn yang diberkahi Allah, secara umum mengonsumsi secangkir kopi per hari insya Allah tidak berefek negatif pada bayi. Tetapi jika saya jadi Ibu, saya akan hentikan saja mengonsumsi kopi, karena kopi bukanlah minuman yang bermanfaat bagi bayi.

Zat aktif kopi, yaitu kafein, akan masuk ke sistem peredaran darah kita dan sekitar 1% akan masuk ke bayi melalui ASI. Karena sistem pencernaan bayi belum sempurna, kafein tidak bisa dipecah dan dikeluarkan dari tubuh, sehingga terakumulasi dalam darah bayi.

Jika Ibu minum lebih dari 2 cangkir sehari, kemungkinan Ibu dan bayi akan menjadi tidak tenang, gampang tersinggung, bayi rewel dan bahkan mungkin sulit tidur. Beberapa ahli menyatakan bahwa konsumsi sedang (maksimal 2 cangkir/hari) masih diperbolehkan. Meski begitu, reaksi tiap bayi berbeda. Jika Ibu melihat bayi menunjukkan gejala-gejala di atas, maka sebaiknya Ibu hentikan mengonsumsi kopi.

 

 

Artikel ini bermanfaat berbagi dengan sahabat Anda

Berlangganan MAJALAH UMMI CETAK hubungi 081546144426 (whatsapp)
Berlangganan WEB MAJALAH UMMI masukkan email Anda, lalu kllik Subscribe



Komentar Anda


Copyright © 2010 - 2015 Ummi Online All rights reserved.
Jl. Mede No 42 Utan Kayu Jakarta Timur. Email: majalah_ummi[at]yahoo.com