Tentang Ummi  /   Kontak  /   Iklan  /   Berlangganan  /   Agen
  1. Beranda
  2. /
  3. Berita Islam Nasional
  4. /
  5. Beda Umroh Backpaker Dengan Umroh Reguler

   Rubrik : Berita Islam Nasional

Beda Umroh Backpaker Dengan Umroh Reguler

  Ditulis Oleh Administrator Dibaca 3405 Kali

Beda Umroh Backpaker Dengan Umroh Reguler
Beda Umroh Backpaker Dengan Umroh Reguler

Sahabat Ummi, sebagai umat muslim kita mempunyai kewajiban untuk melaksanakan ibadah haji, bagi yang mampu baik dari segi fisik maupun materi. Namun, selain melalui ibadah haji, kita dapat merasakan suasana beribadah di tanah suci Mekah dan Madinah dengan tujuan umroh.

Selain waktunya lebih singkat, umroh ini bisa dilakukan setiap bulan terkecuali saat ibadah haji dilaksanakan. Tidak perlu menunggu antrean panjang bertahun-tahun, umroh ini sudah seperti melakukan wisata dengan nuansa ibadah.

Banyak travel yang tidak hanya menawarkan paket ibadah saja, tapi ditambah dengan wisata ke beberapa tempat bersejarah di sekitarnya. Apakah melakukan umroh hanya bisa melalui agen travel? Ternyata tidak, umroh juga mempunyai dua kategori, yaitu umroh regular dan umroh backpacker.

Umroh backpacker tidak seminim yang terlintas dipikiran loh, sahabat Ummi. Kenyamanan yang ditawarkan tidak beda jauh, hanya saja umroh backpacker lebih ekonomis dan mandiri ketimbang dengan umroh regular.  Berikut ini beberapa hal yang menjadi pembeda antara umroh backpacker dengan umroh regular.

1.     Adanya Biaya Jasa

Tahukah Sahabat Ummi, selama menggunakan agen travel kita tidak diharuskan ikut repot mempersiapkan segala halnya, kecuali keperluan sendiri. Dibalik semua itu ternyata banyak jasa yang kita bayar, tidak heran mengapa harga antara biaya umroh backpacker dengan umroh regular lumayan berbeda. Jasa pembelian tiket pesawat, jasa handling bagasi, jasa layanan manasik umroh, jasa pengurusan dokumen jamaah meliputi paspor, visa, buku kuning, lalu jasa tour leader dan muthowif selama di Indonesia, Mekah, dan Madinah.

2.     Mendapatkan Souvenir Umroh

Sama seperti saat akan melaksanakan ibadah haji, biasanya para jemaah umroh pun dibekali beberapa souvenir berlabelkan nama agen travel. Mulai dari koper, tas, alat shalat, dan sebagainya bisa didapatkan karena harga yang dibayar sudah termasuk didalamnya.


Jika Sahabat Ummi tertantang untuk melakukan Umroh Backpacker hal itu tentu sangat menguntungkan, misalnya dari segi budget akan jauh lebih efisien. Namun, dalam pelaksanaannya tetap hanya diperbolehkan dalam bentuk kelompok. Mengapa demikian? Berikut ini akan dijabarkan lebih dalam mengenai umroh backpacker.

 

1.     Harga tiket pesawat bisa didapatkan dengan harga dibawah lima juta. Bukan sembarang, banyak dari maskapai-maskapai mewah seperti Qatar dan Saudi Airline menawarkan promo tiket pergi-pulang dengan harga yang murah. Jadi, jika Sahabat Ummi ingin mendapatkan harga yang murah, sebaiknya cari tanggal dan luangkan dari jauh-jauh hari. Jangan sampai pada saat pelaksanaanya Sahabat Ummi tidak bisa berangkat, risikonya tiket tidak bisa refund.

2.     Handling bagasi sendiri, hal ini tidak sulit bagi kita jika belum pernah berpergian sebelumnya. Sahabat Ummi bisa mengikuti petunjuk di pesawat dan bandara, asalkan ingat jumlah bawaannya ya.

3.     Dalam melakukan perjalanan tentunya diperlukan dokumen. Dokumen tersebut seperti paspos, buku kuning bisa kita proses sendiri tanpa bantuan orang lain. Kecuali visa, visa ke Arab Saudi hanya bisa diurus melalui provider resmi dibawah kemenang yang memiliki izin resmi.

4.     Selanjutnya biaya Land Arrangement (LA) meliputi biaya akomodasi, transportasi, makan, dan sebagainya. Pertama penginapan, sebaiknya pilih hotel bintang 3 karena jaraknya yang tidak begitu jauh dari tempat ibadah dapat dijangkau dengan berjalan kaki 5-10 menit saja. Pemandaan orang-orang berjalan kaki menuju tempat ibadah akan kita temui menjelang waktu shalat. Kedua makan, banyak tempat penginapan yang menyediakan paket dengan makan 3x sehari, dengan menu yang sesuai lidah Indonesia dan porsi yang banyak. Terakhir transportasi, selama disana transportasi sangatlah penting. Sebab, perjalanan dari bandara menuju Mekah dan Madinah sangat jauh. Perlu diperhatikan, untuk bis sebaiknya dibuat full seat sesuai jumlah rombongan jamaah.

5.     Manasik dan Muthowif. Untuk manasik kita bisa memakai fasilitas dan pelayanan di asrama haji pondok gede karena tidak dipungut biaya. Sedangkan muthowif, para backpacker bisa menggunakan jasa mahasiswa yang menetap di sana, yang insyaAllah paham dalam ilmu dan syariat serta bisa menjelaskan dalil-dalilnya.

 

Dikutip dari insyaallahumroh(dot)wordpress(dot)com gambaran budget umroh backpacker 20-31 Januari 2017.

1. Tiket PP air asia: Rp 5,7jt (exclude bagasi), 

Bagasi 550rb utk 20kg, kami patungan ber-3, per orang dpt 6-7kg dgn biaya sekitar 180rb.

Jika untuk maskapai qatar atau suv biaya tiket sudah all in bagasi 25kg/jemaah dan sudah dpt makan di pesawat.

Qatar pp all in: 5,2jt

Suv pp all in: 4,7jt

2. LA : 535 USD

Include: transport, hotel, makan 1x, visa, muthowif mekah madinah, zamzam.

3. Biaya diluar LA:

-buku kuning/vaksin meningitis : Rp 305.000

- Biaya surat mahrom : Rp 200.000 (hanya utk jemaah wanita yg berangkat tanpa mahrom)

- Biaya jajan dan makan: kurang dari 60 real

 

Total semuanya sekitar 13jutaan, harga ini dibilang memiliki perbedaan yang lumayan jauh jika dibandingkan dengan harga agen travel 20-25 jutaan.

 

Referensi : berbagai sumber

Foto ilustrasi : google

Hani Dwi Putri

Yuk, jadi ORANGTUA ASUH (OTA) Santri Penghafal Qur'an Askar Kauny! Donasi Rp 150.000,-/bulan Dapat Majalah Ummi (free ongkir)
Transfer ke Bank Muamalat 335-000-9175 a.n. Yayasan Askar Kauny
Konfirmasi ke 08170830017 : OTA#Nama#AlamatLengkap#No.HP#jumlahtransfer#TanggalTransfer#JamTransfer


loading...


Tag :


Mau Berlangganan MAJALAH UMMI CETAK hubungi 081546144426 (bisa via whatsapp).

Komentar

 

 

Top
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});