Tentang Ummi  /   Kontak  /   Iklan  /   Berlangganan  /   Agen
  1. Beranda
  2. /
  3. Kesehatan
  4. /
  5. Banyak Penyakit Berat Disebabkan Faktor Non Fisik Lho

   Rubrik : Kesehatan

Banyak Penyakit Berat Disebabkan Faktor Non Fisik Lho

  Ditulis Oleh Administrator Dibaca 2375 Kali

Banyak Penyakit Berat Disebabkan Faktor Non Fisik Lho
Banyak Penyakit Berat Disebabkan Faktor Non Fisik Lho

Sahabat Ummi, saat ini berbagai penyakit berat ditimbulkan oleh gaya hidup yang tidak sehat. Salah satunya ialah penyakit maag karena kesalahan pola makan. Ternyata, menurut berbagai penelitian, penyakit maag lebih didominasi faktor stres yang kita rasakan. Selain penyakit maag, penyakit apa lagi yang bisa disebabkan oleh faktor non fisik?

 

  1.   Maag bisa timbul akibat stres berkepanjangan

Stres dapat menurunkan kadar hormon prostaglandin yang memiliki fungsi membantumemperkuat barrier yang melindungi lapisan lambung dari asam lambung. Di samping itu, para ahli menemukan bahwa stres dapat merangsang area tertentu pada otak sehingga dapat meningkatkan sensitivitas terhadap nyari, salah satunya nyeri ulu hati. Jadi, meskipun asam lambung tidak begitu naik, seorang yang merasa stres akan merasakan sakit berlebihan pada ulu hatinya.

 

  1.   Kesulitan mengatur emosi bisa menyebabkan hipertensi lho

Penyakit hipertensi atau lebih dikenal sebagai darah tinggi disebabkan oleh tekanan pada pembuluh darah arteri meningkat. Ternyata pada penelitian terkini, kesalahan dalam mengatur emosi juga memicu timbulnya penyakit ini. Jika orang sedang stres atau kesulitan dalam mengendalikan emosi, maka hormon adrenalinnya akan meningkat sehingga menyebabkan tekanan darah di dalam tubuh menjadi naik.

 

  1.   Masih mager? Malas gerak? Hati-hati kolesterol

Sahabat Ummi, keberadaan kolesterol dalam jumlah wajar sebenarnya tidak membahayakan tubuh. Tapi lain ceritanya jika lipoprotein dengan kepadatan rendah (LDL) atau biasa kita sebut dengan kolesterol jahat, mengendap terlalu banyak dalam tubuh. Jika jumlah kolesterol jahat melebihi batas wajar, maka mereka dapat mengendap pada dinding-dinding arteri dan menyebabkan penyakit.

Kelebihan kolesterol bisa terjadi karena mengkonsumsi makanan berkolesterol tinggi, faktor keturunan, atau malas berlebih. Mungkin kedua alasan awal masih bisa kita terima ya, Sahabat Ummi. Lalu, apa hubungannya kolesterol dengan malas? Jadi begini, jika kita sudah mendewakan malas dalam hidup, maka semua hal menjadi sulit dilakukan, salah satunya ialah berolahraga. Kita pasti bisa menebak akibat yang ditimbulkan dari malas ini. Ya, lemak akan berkumpul dalam tubuh dan kemungkinan besar mengandung lebih banyak kolesterol jahat dibanding kolesterol baik. Jika kolesterol jahat sudah berkumpul, wah hati-hati saja. Jika dibiarkan, penyakit jantung dan stroke akan membayangi kita. Naudzubillah

 

  1.   Sst jangan kebanyakan memendam kesedihan, nanti bisa terkena Asthma lho

Kebanyakan orang beranggapan jika asthma timbul akibat alergi dingin, keturunan, olahraga, atau alergi debu dan hal-hal lain yang bisa mengganggu jalannya paru-paru kita. Ternyata, jika dipelajari lebih lanjut, potensi kambuhnya penyakit asthma bisa muncul karena stres, cemas, dan sedih yang berkepanjangan. Biasanya orang yang memiliki penyakit asthma tidak bisa menahan emosinya terlalu lama. Kenapa? Karena hal ini akan menimbulkan tekanan pada paru-paru mereka sehingga saluran pernapasan pun tersumbat. Menangis sesengukan juga berpotensi menimbulkan gejala asthma lho, Sahabat Ummi. Apalagi jika penderita tidak mau mengeluarkan emosi yang dia pendam selama ini. Salah-salah mereka tidak hanya sesak napas, tapi juga sampai lemas bahkan pingsan.

 

  1.   Penyebab diabetes bukan cuma kelebihan gula, tapi karena egois dan keras kepala

Jika selama ini kita mengetahui penyebab diabetes ialah terganggunya fungsi kerja pankreas yang tidak bisa mengubah glukosa menjadi energi yang berguna bagi tubuh, ternyata sifat egois dan keras kepala juga dapat mengganggu fungsi pankreas juga lho.

 

  1.   Mulai berbaik sangka yuk, supaya terhindar dari penyakt liver

Sahabat Ummi, jika hati kita masih dipenuhi sifat berburuk sangka pada orang lain, baiknya kita menatanya mulai saat ini. kenapa? Karena suudzon atau berprasangka buruk pada orang lain bisa menyebabkan stres bahkan depresi berkepanjangan. Nah, dampak stres sendiri salah satunya ialah penyakit liver. Mengerikan bukan?

 

  1.   Selain membuat hati tenang, sedekah juga mengurangi potensi terkena jantung koroner lho

Sahabat Ummi, sudah berapa banyak nikmat yang kita dapatkan hingga saat ini? sudahkah kita mensyukuri nikmat bernapas yang Allah berikan? Atau kita menganggapnya biasa saja? Salah satu cara yang bisa kita gunakan untuk mensyukuri nikmat Allah ialah dengan melakukan sedekah dan berbagi kepada saudara kita yang membutuhkan.

Ternyata jika kita jarang bersedekah, hal ini bisa memicu penyakit jantung coroner lho. Lah lah kok bisa? Sahabat Ummi, sedekah menimbulkan perasaan tenang dan lega di saat yang bersamaan. Hal ini bisa terjadi karena kita sudah memberikan rezeki orang lain yang Allah titipkan pada kita. Sebaliknya, jika kita jarang bersedekah, maka perasaan menjadi tidak tenang, takut kehilangan harta, dan was-was jika harta yang kita miliki tidak cukup untuk esok hari. Jika kegelisahan ini dibiarkan, maka gejala stres akan muncul. Setelah stress muncul, tubuh akan mengeluarkan hormon cortisol yang mengakibatkan otot menjadi kaku serta mengeluarkan hormone norepinephrine yang menyebabkan tekanan darah naik.

      Referensi : berbagai sumber

      Foto ilustrasi : google

      Nidaul Fauziah

Yuk, ikutan Tebar Wakaf Qur'an untuk para santri Penghafal Qur'an.
Donasi Rp 100.000,- Disalurkan untuk Lembaga Penghafal Qur'an
Transfer ke Bank BCA 5800.144.096 atas nama Yayasan Insan Media Peduli
Konfirmasi : 0857 1549 5905 (Purnomo)


loading...


Tag :


Mau Berlangganan MAJALAH UMMI CETAK hubungi 081546144426 (bisa via whatsapp).

Komentar

 

 

Top
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});