Tentang Ummi  /   Kontak  /   Iklan  /   Berlangganan  /   Agen
  1. Beranda
  2. /
  3. Fikih Wanita
  4. /
  5. Apakah Shalat Sah Ketika Aurat Tersingkap?

   Rubrik : Fikih Wanita

Apakah Shalat Sah Ketika Aurat Tersingkap?

  Ditulis Oleh Administrator Dibaca 813 Kali

Apakah Shalat Sah Ketika Aurat Tersingkap?
Apakah Shalat Sah Ketika Aurat Tersingkap

Sahabat Ummi, pernah melihat mukena tersingkap oleh angin? Atau jari kaki tersingkap tidak sengaja ketika sedang shalat? Atau bagi laki-laki yang memakai kaos kependekan sehingga aurat punggung bawah tersingkap saat ruku atau sujud. Apakah shalat tetap sah dalam kondisi demikian?

Kalau kain penutup auratnya itu tersingkap secara tidak sengaja, dan kemudian segera dibetulkan lagi, maka shalatnya tidak menjadi batal. Dengan demikian shalatnya tidak usah dibatalkan, tetapi diteruskan saja.
 
Imam Taqiyuddin Abu Bakar Al-Husaini dalam kitabnya Kifayatul Akhyar telah menjelaskan sebagai berikut :
 
وَأَمَّا انْكِشَافُ اْلعَوْرَةِ فَإِنْ كَشَفَهَا عَمْدًا بَطَلَتْ صَلَاتُهُ، وَإِنْ أَعَادَهَا فِي الْحَالِ لِأَنَّ السَّتْرَ شَرْطٌ وَقَدْ أَزَالَهُ بِفِعْلِهِ فَأَشْبَهَ مَا لَوْ أَحْدَثَ. فَإِنْ كَشَفَهَا الرِّيْحُ فَاسْتَتَرَ فِي الْحَالِ فَلَا تَبْطُلُ، وَكَذَا لَوِ انْحَلَّ اْلإِزَارُ أَوْ تِكَّةُ الِّلبَاسِ فَأَعَادَهُ عَنْ قُرْبٍ فَلَا تَبْطُلُ
 
Adapun tersingkapnya aurat, jika seseorang menyingkapnya dengan sengaja, maka batallah shalatnya, walaupun ia membetulkannya kembali dengan segera, karena bahwasanya menutup aurat itu adalah salah satu syarat sahnya shalat dan sungguh ia telah meniadakan syarat itu dengan perbuatannya sendiri. 
 
Maka hal tersebut sama dengan kalau ia punya hadats. Dan jikalau angin yang menyingkapkannya, lalu ia menutup kembali dengan segera, maka shalatnya tidak batal, begitu juga jika kainnya merosot atau terlepas ikatannya, lalu ia membetulkannya kembali dengan segera, maka tidak batal shalatnya (Kitab Kifayatul Akhyar, Juz I, halaman 123)
 
Jelas bahwa yang membuat shalat tidak sah adalah kalau dilakukan dengan sengaja, yakni sengaja menyingkap aurat ketika shalat, atau sengaja menggunakan kaos pendek saat shalat bagi laki-laki padahal sudah tahu pasti akan tersingkap auratnya.
 
Untuk perempuan, upayakan shalat tidak mengenakan mukena bahan tipis yang mudah terbang ketika terkena angin, kalaupun memakai mukena tipis seperti itu, cari posisi yang jauh dari kipas angin ketika shalat agar aurat tak tersingkap. Wallaahualam.
 
Sumber: wongsantun

Yuk, ikutan Tebar Wakaf Qur'an untuk para santri Penghafal Qur'an.
Donasi Rp 100.000,- Disalurkan untuk Lembaga Penghafal Qur'an
Transfer ke Bank BCA 5800.144.096 atas nama Yayasan Insan Media Peduli
Konfirmasi : 0857 1549 5905 (Purnomo)


loading...


Tag :


Mau Berlangganan MAJALAH UMMI CETAK hubungi 081546144426 (bisa via whatsapp).

Komentar

 

 

Top
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});