Tentang Ummi  /   Kontak  /   Iklan  /   Berlangganan  /   Agen
  1. Beranda
  2. /
  3. Ramadhan
  4. /
  5. Alumni Madrasah Ramadhan

   Rubrik : Ramadhan

Alumni Madrasah Ramadhan

  Ditulis Oleh Administrator Dibaca 1370 Kali

Alumni Madrasah Ramadhan

Apakah kita sudah menjadi Alumni Madrasah Ramadhan? Simak selengkapnya…

Sahabat Ummi, bulan Ramadhan telah berlalu. Adakah hikmah yang telah kita petik berkenaan dengan bulan yang penuh berkah itu? Ataukah Ramadhan hanya sekedar rutinitas yang biasa kita lalui tiap tahunnya tanpa suatu perubahan yang berarti dalam kehidupan kita?

Semenjak empat belas abad silam, Al Qur’an yang tidak ternoda keasliannya telah mengabarkan bahwa Islam adalah agama yang sempurna, menyeluruh dan mampu menyelesaikan berbagai persoalan hidup manusia.  Al Qur’an  merupakan pedoman yang menunjukkan antara yang haq dan bathil, yang telah diturunkan mulai  dari bulan yang mulia yakni bulan Ramadhan.  Hal ini menjadikan Ramadhan sebagai tonggak awal dari sebuah peradaban yang mulia.

Namun seiring dengan perkembangan zaman, peradaban manusia telah bergeser dengan total dan jauh dari nilai-nilai yang terkandung dalam Al Qur’an. Keluarnya kita sebagai alumni dari madrasah Ramadhan,  tentunya akan semakin mendekatkan kita  pada Allah. Tapi  terkadang hal itu tidak kita temui.  Mari kita renungkan. Ramadhan yang telah kita lalui dengan penuh kesederhanaan, namun pesta kemenangannya terkadang  sarat dengan kemubaziran. Kita rela membelanjakan sekian juta rupiah demi perayaan kemenangan Ramadhan.  Namun, bulan mulia itu tak sedikit pun mengubah tatanan hidup manusia yang telah carut marut seperti ini. Jika demikian bukankah kita termasuk umat yang merugi?

Kita lihat di beberapa tempat takbir keliling dengan melakukan berondongan kembang api. Belum lagi takbir keliling dengan mengiring berbagai patung-patung yang sangat dilarang dalam agama Islam.  Shalat Idul Fitri tak ubahnya seperti peragaan busana. Hidangan Ramadhan yang melimpah ruah. Sama sekali tidak mencerminkan keprihatinan kita selama berada dalam Madrasah Ramadhan.

Padahal dengan adanya Madrasah Ramadhan diharapkan kita akan meningkatkan keimanan  melalui berbagai amalan yang telah kita laksanakan selama bulan Ramadhan. Seperti puasa, qiyamul lail, tadarus Al Qur’an, dan ibadah lainnya. Dan semua itu telah membawa kita pada suatu ketenangan hidup, kebeningan jiwa, dan tentu saja predikat taqwa. Sudahkah predikat taqwa itu kita raih seusai kita lulus dari Madrasah Ramadhan,  atau  Madrasah Ramadhan hanya menjadi sebuah rutinitas belaka. 

Foto ilustrasi: google

Profil Penulis:

Sri Wahyuti, Ibu dari dua anak. Berprofesi sebagai guru Taman Kanak-Kanak.Lahir dan berdomisili di Demak.Telah menghasilkan beberapa buku anak.Prestasi menulis yang pernah di raih sebagai juara 3 Nasional Penulisan Naskah Buku Pengayaan yang diselenggarakan oleh Pusat Perbukuan Depdiknas.

Penulis dapat disapa di:

FB                                           : http://www.facebook.com/sri.wahyuti.3

Twitter                                 : http://twitter.com/SWahyuti

Blog                                       : http://wahyuti4klarasati.blogspot.com/

Email                                     : wahyuti.tklarasati@gmail.com

Yuk, jadi ORANGTUA ASUH (OTA) Santri Penghafal Qur'an Askar Kauny! Donasi Rp 150.000,-/bulan Dapat Majalah Ummi (free ongkir)
Transfer ke Bank Muamalat 335-000-9175 a.n. Yayasan Askar Kauny
Konfirmasi ke 0813 8054 4843 : OTA#Nama#AlamatLengkap#No.HP#jumlahtransfer#TanggalTransfer#JamTransfer


loading...


Tag :


Mau Berlangganan MAJALAH UMMI CETAK hubungi 081546144426 (bisa via whatsapp).

Komentar

 

 

Top
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});