Tentang Ummi  /   Kontak  /   Iklan  /   Berlangganan  /   Agen
  1. Beranda
  2. /
  3. Kesehatan
  4. /
  5. 7 Makanan Penurun Gula Darah

   Rubrik : Kesehatan

7 Makanan Penurun Gula Darah

  Ditulis Oleh Administrator Dibaca 16915 Kali

7 Makanan Penurun Gula Darah
7 Makanan Penurun Gula Darah
Sahabat Ummi, ketika gula darah naik, tentunya tubuh kita akan merasa ketidaknyamanan. Bagaimana cara menurunkan gula darah secara alami? Ternyata ada cukup banyak makanan penurun gula darah di sekitar kita:
 
Cara kerja makanan-makanan ini dalam menurunkan gula darah pun berbeda-beda. Ada yang bersifat menurunkan resistensi insulin, meningkatkan jumlah insulin, dan ada yang langsung mengurangi kadar gula darah saat puasa.
 
Berikut ini 7 makanan untuk menurunkan gula darah yang bisa ditemukan dengan mudah di sekitar kita:
 
1. Pare
Sayuran pahit ini umumnya digunakan sebagai makanan dan obat-obatan dalam budaya Asia. Pare dapat menurunkan gula darah karena rasa pahitnya, sebaiknya sajikan pare yang dimasak dengan rempah-rempah atau sayuran lainnya.
 
2. Bawang putih
Bawang putih telah digunakan selama bertahun-tahun untuk menurunkan kadar kolesterol dan menurunkan kadar gula dalam darah. Sebuah studi yang dilakukan kepada seekor tikus dan kelinci menunjukkan bahwa ekstrak bawang putih dapat menurunkan gula darah. Ekstrak bawang putih meningkatkan jumlah insulin pada orang dengan diabetes. Tapi efek buruknya, mengonsumsi bawang putih bisa menyebabkan nafas berbau tak sedap. Jadi perlu berhati-hati agar tidak mengganggu kenyamanan berkomunikasi dengan orang lain.
 
3. Kayu manis
Penelitian yang diterbitkan dalam Diabetes Care tahun 2003 menemukan bahwa mengonsumsi 1 gram kayu manis selama 40 hari membantu meningkatkan glukosa darah puasa. Beberapa studi lainnya menunjukkan bahwa ekstrak kayu manis baik untuk menurunkan glukosa dalam darah, kadar kolesterol LDL dan trigliserida. Namun hati-hati menggunakan kayu manis dalam dosis besar dapat berbahaya. Konsultasikan dengan dokter sebelum memulai kayu manis jenis apa yang cocok untuk diri kita.
 
4. Bayam
Biasanya orang dengan diabetes tipe 2 sering memiliki tingkat rendah serum magnesium. Bayam kaya magnesium yang dapat membantu mengontrol kadar gula darah dengan mengatur pengeluaran insulin serta penggunaan glukosa pada tubuh. 
 
5. Kedelai
Kedelai memiliki sedikit kandungan pati tetapi jumlah serat dan protein yang tinggi dapat memberikan sebuah efek yang berharga dalam menurunkan ekskresi urin pada orang yang menderita diabetes.
 
6. Alpukat
 
Jika Sahabat Ummi berencana menurunkan kadar gula dalam darah, jangan lupakan asam lemak tak jenuh tunggal. Asam lemak tak jenuh merupakan komponen penting dari mengelola kadar gula darah. Asam lemak tak jenuh adalah unsur hara utama yang terkandung dalam beberapa makanan antara lain seperti alpukat, kacang-kacangan dan biji-bijian, buah zaitun, rami, dan minyak zaitun. Alpukat terbukti mampu menurunkan risiko sindrom metabolik, termasuk diabetes. 
 
Kombinasi makanan berjenis karbohidrat dengan asam lemak tak jenuh tunggal dapat membantu memperbaiki kadar gula dalam darah serta meningkatkan sensitivitas tubuh terhadap insulin. 
 
7. Cuka sari apel
 
Konsumsilah cuka sari apel yang sudah dicampur dengan air sebelum makan. Manfaatnya dapat membantu mengurangi lonjakan gula darah setelah mengonsumi makanan yang mengandung tepung bagi para penderita pradiabetes dan diabetes tipe 2. Penelitian juga sudah membuktikan bahwa minum cuka sari apel yang dicampur air dapat membantu meningkatkan sensitivitas tubuh terhadap hormon insulin.
 
Semoga bermanfaat.

Foto ilustrasi : Google

Yuk, ikutan Tebar Wakaf Qur'an untuk para santri Penghafal Qur'an.
Donasi Rp 100.000,- Disalurkan untuk Lembaga Penghafal Qur'an
Transfer ke Bank BCA 5800.144.096 atas nama Yayasan Insan Media Peduli
Konfirmasi : 0857 1549 5905 (Purnomo)


loading...


Tag :


Mau Berlangganan MAJALAH UMMI CETAK hubungi 081546144426 (bisa via whatsapp).

Komentar

 

 

Top
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});